F1 2023 Inggris: Gagal Hentikan Max Verstappen, Lando Norris Sukses Hibur Penonton Tuan Tumah

Minggu, 09/07/2023 23:35 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tak harus menang untuk menghibur penggemarnya. Itulah yang ditunjukkan Lando Norris, pembalap tim McLaren berusia 23 tahun yang jadi local hero di GP Inggris, Minggu (9/7).

Start front row mendampingi Max Verstappen, Norris langsung menekan dan menyalip Verstappen di tikungan pertama. Di tengah gegap gempita penontom.

Saat sama driver McLaren lainnya, Oscar Piastri, pun dengan agresif mencoba menyalip tapi tak sekali pun bisa menyusul Verstappen.

Sayang, hanya dalam tiga laps Verstappen sukses menyalip ulang Norris yang di luar sirkuit adalah sahabat sendiri. Setelah itu dominasi RB19 kembali muncul. Hanya dalam 15 laps berikutnya, Verstappen sudah unggul 4 detik.

"Saya ingin dan coba melawan Max selama mungkin, tapi ia sangat kencang. Beberapa lap awal sangat mengesankan," ujar Norris yang finish P2 dan merupakan reputasi terbaiknya sepanjang musim 2023.

Verstappen pun memuji penampilan Norris.

"Ia tampil hebat hari ini," komentar Verstappen yang meraih kemenangan ke-9 dari 11 putaran F1 musim ini yang sudah dihelat, meneguhkan kepemimpinnya di klasemen dengan total 255 poin.

Sayang, Piastri yang start dari P3 gagal mencetak double podium buat McLaren. Posisinya diambil alih oleh Lewis Hamilton lewat proses pitstop saat safety car masuk lintasan.

"Saya tidak disalip dalam balapan. Tapi, bagaimanapun P4 adalah pencapaian luar biasa buat kami," ucap pembalap ruki asal Australia itu.

Yang mengesankan adalah pernyataan Hamilton yang finish P3 yang menjadikan double podium driver Inggris di kandang sendiri. Ia mengucapkan selamat dan ikut berbahagia atas kinerja Norris dan terutama karena kembalinya McLaren ke baris depan.

"McLaren adalah tim pertama saya di F1. Saya tumbuh di sana dengan begitu banyak pengalaman mengesankan. Saya berharap mereka terus membaik," kata Hamilton yang meraih gelar juara dunia F1-nya kali pertama bersama McLaren pada 2008 sebekum akhirnya meraja dengan 6 gelar tambahan bersama Mercedes.

Di sisi lain, Sergio Perez (Red Bull Racing) yang start ke-15 (harusnya ke-16 namun naik setingkat karena Valteri Bottas/Alfa Romeo) terkena diskualifikasi di sesi kualifikasi kemarin, akhirnya finish P6 dengan tambahan 8 poin. Semakin tertinggal jauh dengan Verstappen, dengan jarak menjadi 99 poin.

Hamilton sendiri menghuni peringkat 4 klasemen dengan poin 121, kalah 16 angka dari Fernando Alonso (Aston Martin), sementara Norris yang membawa pulang 18 poin dari Silverstone naik ke urutan 9 dengan koleksi 42 poin.

Usai GP Inggris, F1 libur kompetisi selama dua pekan. Seri selanjutnya digelar di GP Hungaria pada 21-23 Juli. (rn)

 

TERKINI
Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Kelas SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor