Ducati Panigale V2s 2020-2023 Ditarik Dari Pasar, Lampu Depannya Bermasalah

Rabu, 12/07/2023 00:22 WIB

mobilinanews (Amerika) - Ducati Amerika Utara mengeluarkan safety recall pada semua Panigale V2 2020 hingga 2023 karena terjadi masalah pada perangkat lunak yang dapat mengaktifkan lampu siang hari posisi lampu (DRL) saat berkendara di malam hari.

Saat situasi ini terjadi, lampu depan mungkin tidak menghasilkan cahaya yang cukup bagi pengendara untuk melihat jalan dengan baik, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Menurut Ducati Amerika Utara, sekitar 3.315 sepeda motor diyakini terlibat, dan mewakili sekitar lima persen dari populasi motor Ducati di negara tersebut. Sepeda motor yang terpengaruh diproduksi antara 4 Desember 2019 dan 23 Mei 2023. Motor Panigale yang terimbas berkode ZDMHAATW0LB000230 hingga ZDMHAATWXPB012777 dan tidak berurutan.

Masalah ini menjadi perhatian Ducati, ketika beberapa pemilik mengeluhkan malfungsi dengan sakelar lampu otomatis panel instrumen pada beberapa Panigale V2.

Menurut kronologi masalah seperti yang dilaporkan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA), keluhan ini terjadi di banyak pasar di seluruh dunia, termasuk China, Spanyol, Jepang, AS, dan Inggris.

Dalam keluhan ini, pengguna mencatat bahwa saat pengaturan lampu latar untuk panel instrumen disetel ke mode Otomatis, kadang-kadang akan berubah ke mode siang hari di malam hari tanpa alasan.

Setelah menganalisis keluhan ini, Ducati memulai penyelidikan internal dan menemukan kesalahan dalam kalibrasi perangkat lunak fotodioda di dasbor. Fotodioda yang dimaksud juga mengontrol lampu latar dasbor, selain DRL.

Karena fotodioda yang dimaksud juga mengontrol warna lampu latar dasbor, ini juga berfungsi sebagai peringatan bagi pengendara bahwa situasi ini mungkin terjadi pada Panigale V2 mereka.

Setiap saat setelah melihat perubahan tersebut, Ducati mengatakan bahwa pemilik dapat secara manual menyalakan lampu low beam melalui switchgear stang kiri sehingga mereka dapat memastikan bahwa lampu mereka menyala dengan benar untuk melihat jalan (dan dilihat oleh lalu lintas) di malam hari.

Phak Ducati juga meminta pengguna motor Ducati dengan seri tersebut untuk memeriksanya dan mengunjungi dealer Ducati resmi setempat untuk layanan penarikan kembali.

Berdasarkan ketentuan penarikan ini, Ducati Amerika Utara akan menginstal revisi perangkat lunak pada semua Panigale V2 2020 hingga 2023 yang terkena dampak, gratis. Tidak ada komponen yang memerlukan penggantian untuk menyelesaikan penarikan ini; hanya revisi perangkat lunak.

Selain itu, sepeda motor Ducati Panigale V2 yang diproduksi pada atau setelah 24 Mei 2023 akan datang dari pabrik dengan revisi perangkat lunak yang benar diaktifkan dari pabrik, dan seharusnya tidak mengalami masalah ini.

Ducati Amerika Utara memberi deastruksi kepada dealer tentang penarikan ini antara 30 Mei 2023 dan 6 Juni 2023. Mereka telah mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik terdaftar Panigale V2 yang terkena dampak antara 20 Juni 2023 dan 27 Juni 2023. (erwin)

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik