F1 2023: AlphaTauri Pecat Nick de Vries, Daniel Ricciardo Jadi Pengganti Hingga Akhir Tahun, Ini Penyebabnya

Selasa, 11/07/2023 22:53 WIB

mobilinanews (Inggris) - Debut pembalap Belanda Nick de Vries hanya berlangsung setengah musim 2023. Dipetik dari berbagai sumber, driver tim AlphaTauri itu dipecat usai GP Inggris dua hari lalu.

Meski belum ada konfirmasi resmi, tapi  Daniel Ricciardo (Australia) diyakini sebagai pembalap pengganti seperti rumor sebelumnya. Pembalap cadangan tim Red Bull Racing itu sendiri tengah menguji RB19 untuk kali pertama dalam tes ban Pirelli di Silvertone, hari ini (Selasa 11/7).

Pemecatan De Vries jelas karena performa buruknya di tim junior Red Bull yang  bermarkas di Italia itu. Dalam 11 race tahun ini tak sebiji poin pun ia raih. 

Bukan rahasia lagi kalau penasehat senior RBR Helmut Marko berada di belakang pemecatan De Vries. Ia yang lebih memilih De Vries masuk tim ketimbang Mick Schumacher meski keputusannya ditentang team principal RBR dan AlphaTauri, Christian Horner dan Franz Tost (mengundurkan diri di akhir tahun ini setelah membongkar peran Marko menghadang langkah Schumacher).

Saat itu Marko dapat dukungan Max Verstappen, pembalap satu negara dengan Vries yang sangat berpengaruh di RBR.

Ricciardo akan memulai peran sebagai pembalap permanen F1 pada GP Hungaria pada 21-23 Juli. Berlaku hingga akhir musim.

"Line up untuk 2024 belum dibahas. Banyak yang berubah di AlphaTauri. Kami akan mengevaluasi segala sesuatunya dan akan diputuskan bila tiba saatnya," kata Marko kepada media total-motorsport dan gpfans sebelum kabar pemecatan De Vries hari ini.

Ricciardo adalah mantan pembalap RBR yang out pada 2018 usai rivalitas tak sehat dengan Verstappen. Joki Australia itu lalu hengkang ke tim Renault dan McLaren. Sayang, ia kalah bersaing dengan Lando Norris di McLaren dan dipecat akhir tahun 2022 meski punya kontrak hingga 2023.

Ia kembali ke RBR sebagai pembalap ketiga di awal musim 2023. Dan, kini kembali mengaspal rutin bersama AlphaTauri. Hanya diberi kesempatan beberapa bulan ke depan, tetapi itu menjadi kesempatan terakhir buat Ricciardo untuk mendapatkan seat pada 2024. (rn)

 

 

 

TERKINI
Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima