Dorna Siapkan MotoGP Bukan Sekadar Balapan, Tapi Juga Untuk Entertainment

Jum'at, 14/07/2023 01:28 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Di tangan generasi kedua keluarga Ezpelata, masa depan MotoGP dikonsep benar-benar sebagai ajang hiburan, di dalam dan di luar lintasan. Dimulai pada November mendatang.

Sejak Dorna Sports mengambil alih hak penyelenggaraan dan hak komersial MotoGP, Carmelo Ezpeleta sukses membawa balap motor grand prix menjadi balapan paling semarak dengan tayangan televisi langsung ke seluruh penjuru dunia.

Belajar dari sahabatnya, Bernie Ecclestone sebagai promotor F1, Ezpelata bersama FIM membuat berbagai regulasi dan teknologi agar balap semakin seru di lintasan maupun untuk tayangan televisi.

Kini putranya, Carlos Espeleta sebagai Sporting Director Dorna, ingin lebih dari yang dibuat bapaknya. Ia ingin menghibur penonton di sirkuit tak hanya dari aspek balapan, tapi juga dengan berbagai ajang hiburan sepanjang race week end.

"Kami ingin setiap detik yang berlalu dinikmati audiens. Hiburan tak berhenti kala motor pembalap masuk garasi masing-masing," kata Carlos.

Cara yang ditempuh adalah mengikat kerjasama dengan pihak ketiga, Never Say No (NSN), dengan durasi 2024-2026. Dalam kurun waktu itu NSN akan menggelar berbagai pagelaran musik dengan mengadirkan band dan penyanyi papan atas.

Di sela-sela jadwal balapan berbagai acara yang melibatkan penonton juga disiapkan seperti parade, Hero Walk, Podium Sprint dan invasi lintasan.

"Itu akan jadi pengalaman ekstra karena semuanya melibatkan pengunjung," ujar Carlos.

Ia pun mengakui bahwa penebalan aspek hiburan itu tak lepas dari upaya Dorna Sports untuk menciptakan fans baru MotoGP dan menambah gairah para penonton televisi.

Kolaborasi pertama Dorna -NSN berlangsung pada acara 2023 FIM MotoGP Gala Awards pada Nobember mendstsng di Valencia, hanya beberapa jam setelah seri penutup kompetisi di GP Valencia, Spanyol.

Acara penyerahan piala kejuaraan Moto3, Moto2 dan MotoGP itu akan dilengkapi pertunjukan musik spektakular yang konsepnya disiapkan NSN.

Selama ini sejumlah tuan rumah penyelenggara juga menggelar konser musik di grand prix masing-masing. Tapi, dengan tanggung jawab NSN nanti, semuanya akan lebih terkonsep. (rn)

 

 

 

 

 

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern