One Stop Automotive Lifestyle Hadirkan Ribuan Pengunjung di Pemanasan OLX Autos IMX 2023 Surabaya

Senin, 17/07/2023 14:08 WIB

mobilinanews (Surabaya) – Ajang pemanasan OLX Autos IMX 2023: Surabaya Car Meetup di Kota Surabaya sukses menarik minat ribuan pengunjung dan pecinta otomotif  di Grand City.

Series kali ini menjadi ajang menampilkan kreasi dan inovasi terbaru, hiburan, mencari inspirasi, memperluas jejaring skena modifikasi, sampai brainstorming antar para pelaku industri modifikasi dan aftermarket.

Sebagai asosiasi modifikasi pertama di tanah air, NMAA melalui ajang pemanasan OLX Autos IMX 2023: Surabaya Car Meetup terus mengasah potensi-potensi industri modifikasi Kota Pahlawan untuk bisa bersaing dengan tuner ternama dunia.

Series ke-4 OLX Autos IMX 2023 ‘Surabaya Car Meetup’ menghadirkan platform lengkap bagi industri modifikasi, aftermarket, dan lifestyle di Surabaya.

Didukung OLX Autos Indonesia selaku Sponsor Utama, Hyundai Motors Indonesia dan Wuling Motors Indonesia selaku EV Car Partner, dan Penta Prima Paint dan Goodfix Aurocal selaku co-sponsor, serta komunitas Hype Junction, dan wadah komunitas mobil Indonesia Community regional Jawa Timur.

Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, Roadshow IMX 2023 di Surabaya kali ini memperluas segmen program dengan mengusung One Stop Automotive & Lifestyle Event.

Acara yang berlangsung meriah ini merupakan gelaran persiapan jelang puncak IMX 2023 yang akan diselenggarakan 29 September – 1 October di Jakarta Convention Center nanti.

Event pemanasan di kota Surabaya ini diselenggarakan di pelataran Outdoor Area, Grand City Mall, Kota Surabaya pada Minggu 16 Juli 2023 kemarin.

Gelaran series keempat ini sukses mengumpulkan puluhan mobil modifikasi yang telah dikurasi, komunitas mobil, modifikator, serta pengunjung umum mencakup kalangan Milenial dan Gen Z mulai dari pukul 15.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Mewakili Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, Muhammad Fikser di sela-sela kehadirannya mengatakan, gelaran series OLX Autos IMX 2023: ‘Surabaya Car Meetup` menjadi suguhan menarik di akhir pekan ini.

"Terima kasih kepada IMX telah mempercayakan Kota Surabaya menjadi tuan rumah dalam rangkaian series OLX Autos IMX 2023. Kami melihat sekarang industri modifikasi bukan hanya menjadi wadah inovasi dan kreativitas para pegiatnya. Tetapi, ada perputaran bisnis yang berpotensi mendukung pertumbuhan ekonomi di tiap kota," ujar Muhammad Fikser.

Kepala Dinas Kominfo Surabaya ini menambahkan, ia berharap agar generasi muda Kota Surabaya bisa terus bereksplorasi hal-hal baru serta inovatif.

"Kami mewakili Pemerintah kota mengapresiasi perkembangan modifikasi di Surabaya. Banyak potensi-potensi generasi muda yang saat ini bisa dikembangkan untuk menciptakan produk atau kreativitas baru dan berkualitas," jelas Muhammad Fikser

“Kota Surabaya sudah mengalami perkembangan cukup masif di ranah skena modifikasi dari tahun ke tahun. Mencakup perkembangan tren sampai meningkatnya minat modifikasi Surabayaan Style di mobil MPV atau SUV bermesin Diesel. Generasi muda Kota Surabaya menjadi salah satu pelopor tren modifikasi mobil diesel kembali bangkit beberapa tahun ke belakang. Di samping itu, tema modifikasi lain seperti street racing, stance, hingga mobil balap dan drift sudah mulai bermunculan. Untuk merespon pertumbuhan serta feedback para car enthusiast IMX berupaya terus mendorong keberlanjutan industri otomotif nasional melalui industri kreatif. Ekosistemnya tentu harus saling berkesinambungan. Selain itu, juga membuka peluang kolaborasi di lini industri kreatif lokal,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Andre mengatakan, industri modifikasi di Surabaya bisa menjadi acuan kota-kota lain di Indonesia dalam mendukung bangkitnya skena otomotif nasional.

Stimulus perkembangan ini memberikan dampak positif pada regenerasi industri ke depannya yang dilanjutkan oleh para milenial dan gen z di Kota Surabaya.

Melibatkan Agen Pemegang Merek (APM) car enthusiast, modifikator, produsen barang aftermarket, hingga masyarakat Kota Surabaya. 

“Antusiasme para modifikator di Surabaya tergolong tinggi. Bisa dilihat dari munculnya kreativitas dan inovasi baru yang terus bermunculan. Perkembangan ini akan mendorong lebih banyak produk aftermarket dengan kualitas dan daya saing tinggi bergabung dalam platform acara modifikasi sebagai kegiatan marketing kreatif. Terutama lahirnya bisnis otomotif UMKM baru turut menggaungkan penggunaan part aftermarket lokal dalam menebar campaign modifikasi proper di Indonesia,” lanjut Andre.

Pemilihan lokasi strategis di tengah kota Surabaya diharapkan menjaring animo lebih tinggi kepada publik luas.

Tidak sekedar menghadirkan destinasi wisata akhir pekan, tetapi membuka kesempatan para pengunjung turut menikmati suguhan hiburan khas IMX, kompetisi, edukasi seputar bisnis modifikasi, sampai belanja produk otomotif dan lifestyle.

Director Marketing OLX Autos Indonesia Sandy Maulana menyampaikan “Gelaran otomotif Series OLX Autos IMX Surabaya Car Meetup merupakan gelaran industri modifikasi lengkap yang bisa dinikmati oleh Surabaya dan Jawa Timur. Selain itu, para tuner dan modifikator selaku konseptor dibalik produk aftermarket di Surabaya diharapkan dapat terus berbagai upaya kolaborasi untuk mencapai kesejahteraan bersama dari karya-karya mereka,” kata Sandy.

Sandy melanjutkan, ragam tema modifikasi di Surabaya menunjukkan antusiasme tinggi generasi milenial dan gen z terhadap dunia modifikasi.

Hal ini berdampak terhadap semakin banyaknya ide-ide baru yang bermunculan sehingga menggaet lebih banyak kolaborasi lintas industri ke depannya.

“Pemilihan mobil modifikasi terbaik jadi salah satu kunci utama menuangkan ide dan kreativitas terutama para modifikator pemula. Melalui aplikasi berbasis teknologi, OLX Autos Indonesia menghadirkan platform terpadu untuk mencari mobil bekas berkualitas dan menikmati promo pembelian menarik yang bisa dinikmati calon konsumen. Dalam campaign #PilihYangPasti, OLX Autos memberikan kemudahan calon konsumen mendapat mobil bekas idaman lebih praktis dengan jaminan pasti,” lengkap Sandy.

Aktifitas Menarik Series OLX Autos IMX 2023: Surabaya Car Meetup

Driftkhana &Taxi Drift, suguhan program utama yang mendatangkan pro drifter Indonesia Emmanuelle Amandio menjadi magnet pengunjung di area Outdoor Grand City Mall, Surabaya.

Amandio – sapaan akrabnya mengajak Kepala Dinas Kominfo Kota Surabaya, Muhammad Fikser merasakan langsung sensasi duduk di mobil drift Nissan 180SX bermesin SR20 sambil menjajal beragam aksi drift di lokasi venue.

Battle of The Light, OLX Autos IMX 2023: Surabaya Car Meetup menjadi ajang lanjutan dari kompetisi modifikasi lampu mobil ‘Battle of The Light’ setelah sebelumnya sukses mengantongi pemenang berbagai kategori di OLX Autos IMX 2023 Semarang Car Meetup. Peserta yang lolos dalam series kali ini akan berlanjut ke tahap final saat ‘Big Bang’ OLX Autos IMX 2023 pada 29 September – 1 Oktober 2023 di JCC, Jakarta. Gelaran kali ini menunjuk pemenang ‘The King of the Light’ adalah 2GD Onix Innova Reborn milik Wahyudi dari Yoong Motor Express.

Car & Community Meetup, berkolaborasi dengan Hype Junction, dan Indonesia Community, Seri keeempat OLX Autos IMX 2023 berhasil mendatangkan sebanyak ratusan mobil modifikasi milik para car enthusiast, komunitas mobil, bengkel spesialis, sampai brand aftermarket domisili Surabaya dan Jawa Timur. Animo pengunjung juga tergolong tinggi, menurut data di ticket box terhitung sebanyak 11.370 pengunjung hadir memeriahkan acara gelaran bertema ‘Surabaya Car Meetup’.

IMX Sticker Pack Raffle, tiap pengunjung punya kesempatan yang sama mengikuti undian berhadiah produk aftermarket dan lifestyle di OLX Autos IMX 2023 ‘Surabaya Car Meetup’. Meski free entry, para pengunjung rela antre untuk mendapatkan IMX Sticker Pack Raffle yang berisikan beragam sticker OLX Autos IMX 2023 x Tahilalats Mindblowon Studios dan kupon mengikuti undian berhadiah. Pada penghujung acara, ratusan pengunjung berhasil mendapat beragam gift menarik.

OLX Autos IMX Talkshow, program Road to OLX Autos IMX Talkshow membahas tema ‘Perkembangan Skena Modifikasi Indonesia’ diisi oleh pakar dan car enthusiast nasional seperti Hariawan Arief Maulana (OLX Autos Indonesia), Emmanuelle Amandio, Gofar Hilman (Sekutomotif TV), Dipo Dwiki (Garasi Drift), Octo Budhiarto (NMAA), dan brand moment oleh Goodfix dan Penta Prima Paint. Selama 60 menit, para pakar industri modifikasi membagikan ilmu dan wawasan seputar perkembangan skena modifikasi di ranah lokal, perkembangan industri modifikasi internasional, kiat membuka peluang bisnis aftermarket, hingga mempersiapkan gempuran tren maupun adaptasi kebiasaan baru di ranah industri modifikasi.

OLX Autos IMX Coaching Clinic, para produsen aftermarket bersama OLX Autos membagikan product knowledge produk modifikasi serta tips dan trik penggunaan dan keungulan produk bagi para anggota komunitas yang hadir di gelaran Road to OLX Autos IMX 2023: Surabaya Car Meetup. Sesi ini juga turut membuka tanya jawab serta kuis berhadiah bagi komunitas dan pengunjung umum.

OLX Autos IMX Pop Up Automotive Market, Series OLX Autos IMX 2023 di Kota Surabaya juga turut menghadirkan promo aksesoris aftermarket dengan total 13 booth. Mulai dari OLX Autos Indonesia, Hyundai Motors Indonesia, Wuling Motors Indonesia, Yoong Motor Group (Hyperion, Osram, Saber Industries, Slim Frame Light), Penta Prima Paint, Goodfix Aurocal, Turbo Bastard Wheel, IMX Merchandise, Maxdecal, Garasi Drift Merchandise dan masih banyak lagi. 

OLX Autos IMX Video competition, untuk mewadahi kreativitas, minat, dan bakat content creator muda di bidan videografi OLX Autos IMX 2023 Surabaya Car Meetup menghadirkan kompetisi video Instagram Reels selama gelaran berlangsung.

Tingginya minat peserta terlihat dari puluhan video singkat yang menandai akun @indonesiamodificationexpo di penghujung acara. Setelah menempuh proses kurasi ketat, Tim IMX memilih satu pemenang OLX Autos IMX Video competition.

OLX Autos IMX Lifestyle Magnet, selain merasakan langsung pengalaman menikmati suguhan program bertema otomotif dan lifestyle di lokasi venue, OLX Autos IMX 2023 ‘Surabaya Car Meetup’ berkolaborasi dengan Jakarta Sneakers Day memilih satu pengunjung dengan tampilan dress code unik. Salah seorang pengunjung berhasil menarik perhatian tim IMX dan JSD dari ratusan pengunjung yang hadir dan berhasil mendapat apresiasi langsung dari IMX dan Jakarta Sneaker Day.

Bertabur Apresiasi Penghargaan

Dalam upaya memberikan apresiasi karya car enthusiast, bengkel modifikasi, komunitas, dan publik luas khususnya Kota Surabaya. IMX memberikan penghargaan untuk sejumlah kategori Car Meetup, diantaranya:

TOP 5 Modern Cars

-         Jeep Wrangler JK (Final Form)

-         Chrysler 300 C Djenggot (Rafa Project)

-         Nissan GT-R R35 (Saber Industries)

-         Toyota Hilux Maxfort 4x4 (Banteng Mas)

-         Subaru WRX (Saber Industries)

TOP 5 Engine Built

-         Nissan Skyline GT-R R34 (Andreas Stanley)

-         Toyota Chaser JZX 100 (Handrian Permana)

-         Innova Reborn (Hartono MSAV)

-         Civic Estilo (Final Form)

-         Subaru WRX (Saber Industries)

TOP 5 Top Stance

-         Chrysler 300 C Djenggot (Rafa Project)

-         Subaru BRZ (Rocket Bunny Zoom)

-         Civic FD (Calvin)

-         Lexus LS400 (Handrian Permana)

-         Mercy Wagon C200 (Rahmat)

TOP 5 Retro Cars

-         BMW E30 (Viby Point 88 Indonesia)

-         Nissan Skyline GT-R R34 (Andreas Stanley)

-         Nissan 180SX (Handrian Permana)

-         Mercy W202 (Reynard - Final Form)

-         Civic Estilo (Handrian Permana)

TOP 5 Diesel Built

-         Innova Reborn (Hartono MSAV)

-         Innova Reborn Eric (Diesel Cuan)

-         Innova 2KD (Irfanda PAG)

-         Mitsubishi Pajero (Black Thunder Yoong Motor)

-         Innova 2KD (Final Form)

Dari sejumlah kategori tersebut, IMX berhasil menentukan mobil peraih ‘IMX Golden Ticket’ yakni Nissan Skyline GT-R R34 milik Andreas Stanley yang lolos masuk ke jajaran NMAA Top 50 tanpa proses kurasi ulang di OLX Autos IMX 2023 ‘The Future of Creativity’ di Hall A-B, JCC, Jakarta pada 29 September – 1 Oktober 2023.

Apresiasi ini melibatkan poin penilaian spesifik serta membertimbangkan beragam aspek modifikasi proper.

Berbagai keseruan penghargaan lainnya tersaji seperti video competition, serta The Lifestyle Magnet dihadirkan sebagai apresiasi terhadap car enthusiast, lifestyle enthusiast yang menggunakan dresscode terbaiknya, serta para pecinta fotografi dan videografi yang berhasil mengabadikan momen seru di gelaran roadshow IMX terlengkap kali ini.

Bentuk Promosi Kreatif dan Kekinian

Tiap gelaran roadshow series pemanasan OLX Autos IMX 2023 menghadirkan platform strategis demi mendukung perkembangan masif dan berkelanjutan di lini industri modifikasi dan aftermarket.

Di gelaran roadshow series ke-4 ini, asosiasi modifikasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) melibatkan pegiat otomotif lokal, yakni: Hype Junction, dan Indonesia Community.

Series OLX Autos IMX 2023 di Kota Surabaya berlangsung pada 15.00 WIB sampai 22.00 WIB. Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Bahkan, tiap pengunjung berkesempatan mengikuti undian berhadiah melalui pembelian ‘IMX Sticker Raffle Pack’ di lokasi dan memulai registrasi dari pukul 14.00 WIB.

Kesuksesan seri keempat OLX Autos IMX 2023 di Surabaya ini terwujud berkat berbagai pendukung oleh OLX Autos Indonesia selaku Sponsor Utama, dan para co-sponsor seperti Produk Cat Otomotif Penta Prima Paint dan Produk Sticker Goodfix Aurocal, serta Hyundai Motors Indonesia dan Wuling Motors selaku EV Car Partner, lalu sejumlah brand pendukung lainnya seperti Hype Junction, dan wadah komunitas mobil Indonesia Community regional Jawa Timur.

Serta sejumlah brand pendukung lainnya seperti Turbo Bastard Wheel, Vertue Concept, Garasi Drift, Jakarta Sneaker Day, Slimframe Light, Osram Indonesia, JF Luxury, Maxdecal, Hyperion Indonesia, RH Performance, Saber Industries, Yoong Motor Indonesia, INFIA, Dagelan, Hammerstout, Prabuss Automotive, Pro Rock Engineering, Ruchi Vision, Crush Media, Garasi Drift, Sekutomotif, dan Group Otomotif 1990.

“Series pre-event OLX Autos IMX 2023 Surabaya Car Meetup menandakan semakin dekat ‘Big Bang’ OLX Autos IMX 2023 ‘The Future of Creativity’ pada 29 September sampai 1 Oktober 2023 di Hall A-B, Jakarta Convention Center. NMAA melalui platform gelaran OLX Autos IMX 2023 akan menghadirkan launching perdana produk afteramarket dan lifestyle, deretan mobil modifikasi NMAA Top 50, program belanja IMX Popup Market, dan masih banyak lagi. IMX menjadi sebuah upaya para pelaku industri aftermarket dan lifestyle dalam mendorong Indonesia sebagai barometer modifikasi yang patut diperhitungkan,” pungkas Andre. (bs)

TERKINI
Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia Suzuki Burgman Street 125 EX Punya Beberapa Keunggulan Ini, Bikin Honda Vario 125 Minggir