Mencoba Sensasi Track Day di Sirkuit Mandalika Lombok dengan Aman Penuh Gaya, Ini Tipsnya!

Rabu, 19/07/2023 19:06 WIB

mobilinanews (Lombok) - PT Piaggio Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan solusi berkendara penuh gaya tanpa menggorbankan keamanan dan kenyamanan dari para pencinta kendaraan roda dua, baik di jalanan dalam kota maupun di lintasan balap.

Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan melalui kegiatan track day bersama brand Aprilia di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu.

Puluhan peserta diajak untuk menggunakan perlengkapan yang memadai guna menjaga keamanan dan kenyaman saat berkendara di lintasan balap bersama Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

PR & Communications Manager of PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari mengatakan, Piaggio memberikan kesempatan kepada para riders dan motorsport enthusiasts untuk merasakan langsung DNA balap dari Aprilia dengan melalui lintasan lurus, high speed corner, hingga tikungan tajam di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

"Sebagai brand Italia yang selalu mengedepankan teknologi, performa serta gaya, kami ingin memberikan pengalaman merasakan sensasi kecepatan dan kecanggihan teknologi dari Aprilia, juga edukasi mengenai keamanan dan kenyamanan berkendara dan pentingnya mengikuti aturan di lingkungan balap yang sesungguhnya,” kata Ayu di Jakarta.

Aksi para rider dengan kelengkapan berkendara menjadi edukasi untuk para pecinta balap yang tak hanya bergaya tetapi juga menjaga safety

Menggunakan helm full face berstandar SNI

Helm full face memberikan perlindungan menyeluruh untuk kepala, wajah, dan rahang, sehingga meminimalkan risiko cedera pada bagian tersebut. Pastikan untuk mengenakan helm full face dengan sertifikasi terdepan seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) atau DOT (Department of Transportation), yang memiliki keamanan yang tinggi.

Memasang kaca helm photochromic visor

Gunakan kaca helm dengan photochromic visor, atau yang berwarna gelap, saat berkendara di lintasan balap. Photochromic visor adalah visor yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan warna dengan cuaca.

Kaca jenis ini bekerja sebagai filter cahaya untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata sehingga dapat melindungi mata pengendara dari sinar terik dan pantulan cahaya, sehingga lebih nyaman.

Pakai wearpack full body protector untuk mencegah cedera

Wearpack balap atau yang biasa disebut racing suit juga wajib digunakan di lintas balap. Pasalnya, saat berkendara di sirkuit balap, risiko jatuh atau terlibat dalam kecelakaan relatif lebih tinggi dibandingkan berkendara di jalan raya.

Mengenakan setelan baju dan celana sebagai lapisan dalam wearpack

Memakai lapisan dalam juga penting untuk mengurangi gesekan langsung wearpack dengan kulit demi meminimalisir kemungkinan iritasi atau rasa tidak nyaman selama berkendara. Setelan ini juga membantu mengatur suhu tubuh pengendara agar tidak terlalu berkeringat.

Perlindungan ekstra dengan sarung tangan khusus

Sarung tangan wajib dipakai, khususnya yang dilengkapi pelindung pada bagian atas telapak tangan. Sarung tangan ini dirancang khusus untuk memberi perlindungan tambahan pada tangan dan meminimalkan risiko cedera akibat gesekan dan benturan jika jatuh.

Kenakan sepatu khusus balap

Pengendara bisa menggunakan sepatu khusus balap atau dikenal dengan nama racing boots. Sepatu ini desain lebih tinggi untuk perlindungan tambahan pada area yang rentan terhadap cedera, seperti pergelangan kaki dan tulang kering. (erwin)

TERKINI
Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Dunia SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor