F1 2023 Hungaria: Baru Setengah Lap Hancurkan RB19, Nasib Sergio Perez Diprediksi Makin Suram di Red Bull

Jum'at, 21/07/2023 22:06 WIB

mobilinanews (Hungaria) - Danii Kyvat, Pierre Gasly dan Alex Albon adalah contoh yang terbuang dari skuad Red Bull Racing sebelum durasi kontrak selesai. Nasib sama benar-benar menghantui Sergio Perez saat ini.

Performa Perez belakangan ini memang buruk, antara lain 5 kali berturut tak lolos tahap kualifikasi Q3 atau gagal menghuni posisi start di zona 10 Besar.

Posisi di klasemen pun semakin jauh dari rekan setimnya, Max Verstappen, dengan gap 99 poin.

Padahal usai kemenangan terakhirnya di GP Azerbaijan lalu selisih keduanya hanya 6 angka. Membuatnya langsung pasang target mengalahkan Verstappen berebut gelar 2023.

Kini situasi semakin parah saat driver asal Meksiko itu alami kecelakaan parah dan konyol saat memulai sesi FP1 GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Jumat (21/7), yang diguyur hujan.

Baru setengah lap, RB19 yang hebat itu mlintir dan tak bisa dikendalikan Perez. 

Mobil berputar dan meluncur deras menghantam barrier ban. Bagian depan RB19 hancur-hancuran.

Penasehat Senior RBR Helmut Marko pun geleng-geleng kepala dari pitwall tim.

"Ini sungguh tak bisa dipercaya. Sepertinya ban saya menyentuh rumput di luar trek," jelas Perez lewat radio.

Tak lama kemudian Team Principal RBR Christian Horner pun berkomentar pedas bahwa kecelakaan itu membuatnya frustasi. 

"Ini bukan cara ideal untuk memulai race pekan ini. Dari suaranya (Perez) kelihatan benar rasa frustasi. Ia angkat kedua tangannya dan itulah yang terjadi," kata Horner.

Kecelakaan yang menimpa Perez sebenarnya biasa saja di F1. Tapi, kali ini situasinya berbeda karena terkait dengan masa depan Perez di RBR.

Meski terikat kontrak hingga akhir 2024, sangat mungkin itu diputus pada akhir tahun ini jika Perez benar-benar jauh di bawah Verstappen.

Soal ganti rugi bukan masalah seperti yang dilakukan Marko kepada Nyck de Vries yang pekan lalu dipecat dari AlphaTauri meski baru 10 kali balapan.

Pengganti De Vries adalah Daniel Ricciardo, pembalap cadangan RBR yang juga mantan rekan setim Verstappen.

Penggantian mendadak itu memunculkan spekulasi kalau Ricciardo disiapkan untuk berjaga-jaga jika Perez benar-benar terbuang dalam masa kontraknya.

Itu akan terjadi jika Perez tetap dalam keterpurukannya dan saat sama Ricciardo bisa tunjukkan taji di AlphaTauri.

Tak harus menang atau podium, bisa konsisten finish 10 Besar saja sudah cukup menilai joki asal Australia itu layak kembali mendampingi Verstappen. (rn)

 

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya