F1 2023 Hungaria: Lewis Hamilton Pole Sitter, Potensi Head to Head Dengan Max Verstappen Dari Front Row

Minggu, 23/07/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Hungaria) - Berbagai pengembangan teknis pada W14 akhirnya membuahkan hasil. Lewis Hamilton (Inggris/Mercedes) akhirnya sukses meraih pole position pertamanya musim ini.

Momen tersebut terjadi di sesi kualifikasi GP Hungaria, Sirkuit Hungaroring, Budapest, pada Sabtu (22/7). Hamilton torehkan waktu 1: 16,609. Unggul tipis 0,003 detik dari Verstappen.

Itu sekaligus jadi kemenangan moral Mercedes dan Hamilton setelah ditekuk Max Verstappen  secara beruntun sejak tahun lalu.

Hasil ini setidaknya membuat raceday Minggu (23/7/2023) menjadi penantian menarik karena kedua pembalap top itu akan start bareng dari front row.

Ini kali pertama terjadi musim ini di tengah dominasi Verstappen yang nyaris tak punya lawan di semua sesi.

Tak perlu memprediksi apa yang mungkin terjadi saat keduanya lepas start menuju tikungan pertama. Semoga tak terjadi insiden sehingga mudah menakar sejauh mana sesungguhnya hasil pengembangan Mercedes dan potensinya di paroh kedua kompetisi.

Yang tak kalah menarik adalah kiprah McLaren yang berhasil menempatkan dua pembalapnya, Lando Norris dan Oscar Piastri, pada second row.

Khusus Norris, bukan tak mungkin driver muda Inggris ini bisa tarung keras melawan sang senior Hamilton maupun teman baiknya - Verstappen.

Kejutan lain datang dari duet pembalap Alfa Romeo. Driver China Guanyu Zhow dan Valtteri Bottas berhasil nangkring di P5 dan 7, mengapit Charles Leclerc (Ferrari) di P6.

Belum diketahui `keajaiban` apa yang membawa keduanya masuk di 7 Besar karena cuaca Hungaroring normal saja saat kualifikasi.

Tiga nama lain di grup 10 Besar terdepan adalah Fernando Alonso (Alpine), Sergio Perez (Red Bull Racing) dan Nico Hulkenberg (Haas).

Daniel Ricciardo yang kembali mengaspal lewat tim AlphaTauri akan mengawali race perdananya sejak akhir musim lalu dari urutan 13.

Dan, pertanyaan utama dari semuanya adalah mampukah Hamilton memutus rantai kemenangan Red Bull Racing yang memborong 10 race sepanjang musim 2023?

Berapa lap yang dibutuhkan Verstappen untuk menyalip lawan?

Pastinya Hamilton akan perjuangkan itu, begitu juga Verstappen. Bedanya, duel mereka kali ini mungkin tak akan sekeras dan sekasar musim 2021, saat mereka bersaing berebut gelar.

Hamilton jelas happy dengan pole perdana setelah yang terakhir di GP Arab Saudi 2021.

"Penantian satu setengah tahun yang terasa gila. Saya tak menduga bisa fight meraih pole di sini," ucap Hamilton yang tak ingin bicarakan peluang dalam race besok selain bertarung sebaik mungkin. (rn)

 

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia