Zavian Fabrizio Santoso Tekad Cetak Sejarah Sebelum Naik Level ke Kelas Mini Pada Seri 6 Eshark Rok Cup Indonesia 2023

Minggu, 23/07/2023 03:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Bagi Zavian Fabrizio Santoso andalan tim Z & C Corp, seri 5 Eshark Rok Cup Indonesia yang dihelat Minggu (23/7/2023) adalah momentum sejarah.

Pasalnya, ini adalah kali terakhir ia berlaga di kelas Entry Level. Selanjutnya, putra pembalap mobil senior dan pengusaha ekspor impor ini akan naik level ke kelas Mini Rok.

"Best time Zavi udah tembus 57 detik. Artinya, dia memang harus naik Level ke Mini Rok. Makanya sebelum meninggalkan Entry Level ini kesempatan dia mencetak capaian terbaik," ujar Benny Santoso, ayahanda Zavi kepada mobilinanews.

Pada seri 4 Eshark Rok Cup lalu, yang merupakan penampilan perdana Zavi di event resmi gokart berhasil meraih podium sebagai juara 3.

"Insyaallah, pada seri 5 Eshark Rok Cup kali ini bisa membuat pencapaian yang lebih baik. Minimal bisa P2 (juara 2) atau sekalian P1 (juara 1)," ujar Zavi optimistis.

Modal untuk itu ada. Dari hasil latihan beberapa kali di Sentul International Karting Circuit, termasuk pada Senin 17 Juli lalu yang dilatih langsung oleh sang ayah yang mencoba ikutan balap gokart lengkap dengan memakai wearpack, semangat merebak.

"Kelas Entry Level ini kan memakai sistem bracket time yang dibatasi 57 detik. Jika ada pegokart yang menembus limit tersebut, otomatis naik kelas Mini. Sementara kemampuan Zavi udah ke situ," terang Benny Santoso.

Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya dengan memberi tambahan beban (balast) pada gokart 5 kg sampai 10 kg untuk mengurangi kecepatan gokart saat dipakai race.

Best lap harus di angka 58 detik kecil jika memungkinkan, jangan sampai tembus 57 detik karena akan mendapatkan penalti waktu.

Ayo Zavi, kamu bisa. (bs)

TERKINI
Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini Buruan, Simak Beragam Promo Menarik Motor Honda Bulan Ini BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 Hadir Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Simak Spek dan Keunggulannya