F1 2023: Dipepet Lewis Hamilton di 3 Besar, Fernando Alonso Mulai Gerah di Aston Martin

Selasa, 25/07/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Inggris) - Pembalap tertua di grid F1, Fernando Alonso (42 tahun), menggebrak perhatian komunitas F1 di awal musim 2023. Rutin ke podium dan hanya ia yang bisa mendekati kecepatan mobil Red Bull Racing. Sekarang ia mengeluh.

Naik podium 6 kali dalam 8 race awal membuat pembalap Aston Martin itu jadi pusat perhatian di tengah dominasi tim Red Bull Racing. Ia juga menjadi pembalap harapan untuk menjegal langkah kemenangan Verstappen.

Bahkan Verstappen sendiri bilang hanya tunggu waktu dan dimana Alonso akan mengalahkannya.

Tapi, fakta berkata lain. Terakhir kali Alonso naik podium di GP Kanada, home race Lawrence Stroll sebagai pemilik tim Aston Martin.

Di ajang ini Aston Martin membawa pengembangan perdana pada AMR 2023.

Tapi pada tiga seri beruntun di Austria, Inggris dan kemarin di Hungaria, pembalap Spanyol juara dunia F1 2005 dan 2006 itu mulai melemah di luar zona podium. Ia mulai gerah.

"Di Spielberg (Austria) dan Silverstone (Inggris) kami memang tak berharap banyak. Tapi, Hungaroring (Hungaria) adalah trek yang sejak awal saya pikir bisa meraih kemenangan. Susah memahami apa yang terjadi pada mobil kami," kata Alonso.

Pada GP Hungaria 2021 sukses menghadang Lewis Hamilton di sirkuit tersebut untuk membantu rekan setimnya di Alpine saat itu, Esteban Ocon, untuk meraih kemenangan.

Finish P9 di Hungaria (hasil terburuk.musim ini), posisi Alonso memang masih berada di peringkat 3 klasemen sementara F1 2023 dengan total poin 139. Tapi semakin menjauh dengan Sergio Perez (171) yang tadinya bersaing ketat. 

Yang bikin dirinya semakin gerah, kini Hamilton mengancam posisinya karena pembalap Mercedes itu sudah beranjak le P4 klasemen dengan poin 133 atau tinggal berselisih 6 angka.

"Tim kami harus mengevaluasi proses pemgembangan mobil. Bandingkan dengan tim lain yang sudah lakukan beberapa up grade. Harus dicari apa penyebab menurunnya performa kami," pintanya.

Masih ada 11 putaran balap musim 2023. Jika tim mampu menyediakan mobil lebih kompetitif bukan mustahil Alonso bisa wujudkan Mission33 pada tahun ini.

Itu adalah misi yang digalang dan dipopularkan fans F1 di seantero Spanyol untuk menyemangati Alonso meraih kememangan kali ke-33 di F1. (rn)

 

 

 

 

 

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis