Nothing To Lose Everything To Win, Dan Pegokart Dominic Setiawan Borong 4 Trofi di Eshark Rok Cup 2023

Selasa, 25/07/2023 16:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Ketekunan, berlatih keras dan pantang menyerah. Karakter itu tampaknya ada pada diri pegokart Dominic Brayden Benedict Setiawan (11 tahun). 

Hasil kerja keras itu diperlihatkan pada seri 5 Eshark Rok Cup Indonesia 2023 di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Minggu (23/7/2023) dengan berhasil meraih pencapaian terbaik sejak mulai berkiprah di ajang gokart 10 bulan lalu. 

Dominic dan Annabelle tersenyum bangga dengan trofi yang baru diraihnya 

Empat buah trofi berhasil diborong pegokart andalan tim DNA Racing Corporation itu yaitu sebagai juara 3 (P3) Mini Rok Final A, P3 Mini Rok Final B, P2 Mini Rok Newbie serta P2 Mini Rok Rising Star.

Oya, sebagai informasi tambahan, apa itu Mini Rok Final B? Jadi untuk kelas Mini Rok dan Senior Rok pada tahun ini, ada race Final B yang dilangsungkan setelah pegokart menjalani Final A. Untuk Final B ini, top 8 reverse grid hasil dari Final A dengan juara 1 start di urutan 8, posisi 8 menempati start 1, dan seterusnya.  

Pertarungan ketat di kelas Mini Rok dengan 20 starter

Suka cita menjadi lengkap, karena sang adik Dominica Grace Annabelle Setiawan (Annabel) juga meraih trofi P3 kelas Entry Level, atau trofi pertamanya sejak mengikuti event resmi gokart pada seri 4 Eshark Rok Cup 2023.

Tentu saja, hasil ini sangat menggembirakan bagi Sendy Setiawan, ayahanda Dominic dan Annabel yang pembalap mobil senior dan seorang pengusaha sukses di pertambangan.  

Padahal jelang race kemarin, Sendy Setiawan menghampiri Dominic serta membisikkan sebuah kalimat : "Dom, nothing to lose ya (tidak ada beban ya)".

Dominic (kedua dari kanan) di podium juara Mini Rok Final B

Namun dengan sigap direspon Dominic. "Iya, papa. Nothing to lose everything to win!". Luar biasa keinginan berprestasi dan menang pada diri Dominic. Dan, benar itu membakar semangat Domi saat berlomba dengan hasil yang menggembirakan. 

"Untuk Dominic, pada prinsipnya mengalami kemajuan yang baik, baik dalam sisi race pace dan mental. Sedangkan untuk Annabelle, keberhasilan naik podium kemarin tentu menaikkan moral, setidaknya ternyata bisa berprestasi dan meraih piala," ungkap Sendy Setiawan kepada mobilinanews.

Secara lebih detil, Sendy menambahkan, pada prinsipnya kalau latihan bareng dan dimentori Dominic, lumayan bagus. Tapi pas sendirian, belum bisa sama dengan saat didampingi (confidence issue).

Annabelle (kanan), masih malu-malu dengan trofi podium pertamanya

Sendy Setiawan bersyukur banget memasuki bulan ke-10, Dominic balap (start Juli tahun lalu, tapi terpotong 2 bulan nggak latihan karena patah pergelangan tangan) bisa seperti sekarang.

"Apalagi kalau kita lihat kemarin, kelas Mini Rok pesertanya sekitar 20 pegokart. Termasuk Oliveri Rito Sini, pegokart Indonesia yang dikontrak tim pabrikan Tony Kart yang lagi pulang dari Italia. Dia P2 Final A, persis di depan Dominic," terang Sendy. 

Yang membuat Sendy senang, segala usaha dan effort yang dilakukan mulai membuahkan hasil. Untuk Dominic misalnya, dia harus mengikuti pelatihan fisik keras serta sangat menjaga pola makan, guna bisa menurunkan berat badan 65 kg kini menjadi 46 kg saja.

Selebrasi khas Dominic sesaat menembus garis finish

Jika tidak ada keinginan kuat untuk menjadi juara, mustahil itu dilakukan oleh seorang anak yang masih berusia 11 tahun. 

Upaya menempa diri dan menambah jam terbang dilakukan DNA Racing Corporation, tim yang menaungi Dominic dan Annabelle. Dominic kini bersiap mengikuti Asia Rok Cup round 4 di sirkuit Sepang, Malaysia, 5-6 Agustus depan.  

"Hasil balap kemarin, mudah-mudahan bisa menjadi modal Dominic untuk mengikuti Asia Rok Cup di Sepang. Rencananya, Rabu depan sudah berangkat ke Sepang lagi untuk mulai latihan dari Kamis hingga Minggu," beber Sendy.

Dominic (kedua dari kiri), juara 2 Mini Rok Newbie

Sendy menilai, Dominic sudah semakin memiliki confidence namun belum 100 persen mengingat jam terbang juga belum begitu lama.

"Untuk progress, saya secara pribadi menilai bagus sekali, mengingat pengalaman belum 1 tahun. Saya juga melihat, dalam kurun waktu itu, ternyata sudah banyak hal yang dilakukan Dominic. Harapannya, dia bisa top three di Asia Rok Cup 2023. Kalau berhasil, saya siap memberikan bonus untuk Dominc," pungkas Sendy sembari tersenyum. (budsan) 

 

 

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang