Andalan Toyota Gazoo Racing Kalle Rovanpera Rela ikutan Kejurnas Rally Finlandia, Ternyata Ini Yang Dicari

Kamis, 27/07/2023 01:03 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Juara dunia WRC 2022 Kalle Rovanpera (Finlandia/Toyota Gazoo Racing) turun gelanggang lagi usai menjuarai Rally Estonia dua pekan lalu. Bukan serial WRC, tapi kali ini turun ke level kejuaraan nasional.

Ia akan menggeber Yaris GR Rally-1 miliknya pada HRAcenter Rally di Tampere, Finlandia, akhir pekan ini. Ini event serial kejurnas Finlandia. 

Meski juara dunia WRC dengan status termuda sepanjang sejarah, Kejurnas tersebut sangat penting bagi Rovanpera sebagai persiapan menuju seri WRC Rally Finlandia minggu berikutnya.

Lintasan di Tampere berbeda dengan trek versi WRC. Tapi, kontur lintasannya sama. Gravel dengan karakter kecepatan tinggi. Tampere sendiri menjadi ajang Rally Finlandia di masa lalu.

Kondisi itu sangat ideal buat Rovanpera untuk persiapkan diri ke ajang utama Rally Finlandia pada 3-6 Agustus 2023. Ia punya dua target penting pada home rally-nya ini.

"Poin di Finlandia sangat penting untuk kejuaraan dunia tahun ini," kata pemimpin sementara WRC 2023 itu dengan total poin 140 dan unggul 55 angka atas rekan setimnya di Toyota, Elfyn Evans.

Jika menang di Finlandia maka peluang Rovanpera mempertahankan gelar sangat terbuka karena tinggal 4 seri lomba sesudah Finlandia.

Bahkan sangat terbuka ia mengunci gelar sebelum akhir kompetisi seperti tahun lalu.

Motivasi kedua adalah meraih juara kali pertama di negerinya sendiri. Maklum, sebagai local hero, justru ia tak pernah menang di tengah para pendukung sendiri.

Dengan bertanding di level kejurnas akhir pekan ini, ia barharap mampu lebih paten kali ini.

"Saya sudah raih banyak hal kecuali menang di rumah sendiri. Ini impian saya. Ingin berselebrasi bersama pendukung yang sangat bersemangat," ucapnya.

Selain Rovanpera, driver kelas Rally1 lainnya yang turun di level kejurnas itu  adalah Evans dan perally muda Prancis Pierre-Louis Loubet (M-Sport Ford) dengsn besutan Puma Rally1.

Driver utama M-Sport Ford, Ott Tanak (Estonia), tak jadi ikut karena merasa tak perlu latihan khusus menuju Rally Finlandia.

Juara dunia 2019 yang sudah 2 kali juara di seri Finlandia itu.menyebut mobilnya sudah pada kapasitas maksimal. Bisa jadi begitu karena ganti mesin di Estonia lalu. (rn)

 

 

 

 

 

 

 

 

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern