Cetak Double Winner di Thailand Talent Cup 2023, Pembalap Ciamis Decksa Almer Dijuluki The King of Last Lap

Minggu, 30/07/2023 20:08 WIB

mobilinanews (Thailand) - Pembalap Decksa Almer (15 tahun), asal Ciamis, Jawa Barat, mendapat julukan sebagai The King of Last Lap, setelah memenangi round 4 Thailand Talent Cup (TTC) di Chang International Circuit, Buriram, Sabtu (29/7/2023).

Ratapak Wilairot adalah mantan pembalap Moto2 dan mantan pembalap MotoGP Thailand melalui jalur wild card, yang kini coach Thailand Talent Cup.

"Ratapak memberi predikat Decksa sebagai The King of Last Lap karena pada dua race yang dijalani pada Jumat (28/7/2023) race 1 dan Sabtu untuk race 2, dimenanginya hingga putaran terakhir," ungkap Wawan Hermawan ayahanda Decksa kepada mobilinanews.

Menurut Wawan, jalan cerita race Decksa hampir sama antara race 1 dan race 2. Strategi memang push di lap-lap akhir.

Pasalnya, dari sesi QTT, Decksa mengalami kendala rem ambles ketika sering dipakai hard breaking. 

"Saya peginnya balap Decksa bisa bikin gap. Tapi karena faktor angin, sangat berpengaruh. Anginnya lagi besar. Coba deket-detetin ngeremnya, tapi mal.ah ambles. Dengan kondisi itu, akhirnya balap pakai strategi amankan rem dan menyerang di akhir lap," terang Wawan.

Pada race 1, Decksa menjadi pembalap pertama yang menyentuh finish line dengan gap 0.147 dari Kiattisak Singhapong (Thailand) sebagai juara 2 dan 0.242 dari Rintaro Takemoto (Jepang) juara 3.

Demikian pula di race 2, Decksa yang start dari urutan 6 kembali Honda NSF250 yang dikendarainya cuma beda 0.120 dari Kitsada Tanachot sebagai juara 2 dan 0.132 dari Kittisak Singhapong juara 3.

Performance yang benar-benar membanggakan karena pada balapan 15 lap tersebut selain diikuti pembalap Thailand, Vietnam, Bangladesh juga tiga pembalap Jepang.

Decksa merupakan putra sulung mantan pembalap nasional Wawan Hermawan dua kali pula berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya diiringi bendera Merah Putih yang dikerek di atas podium.

Tak hanya itu, dengan double winnernya kali ini, sekaligus mendongkrak posisi pemuda yang belum lama ini juga menjadi juara Oneprix sebagai pemimpin klasemen.

Iya, Decksa mengumpulkan 178 poin dari 4 round TTC 2023 yang dilangsungkan. Gap 67 poin dari peringkat kedua yang juga pembalap Astra Honda Racing Team, Muhammad Kiandra Ramadhipa.

Event bergengsi Thailand Talent Cup masih menyisakan 2 round lagi yang rencananya dilangsungkan 21-24 September dan 1-3 Desember, di Chang International Circuit, Buriram, Thailand. 

Congrats, Decksa. (budsan)

TERKINI
Yamaha dan Honda Gelar Tes Privat di Mugello Mulai Hari Ini, Service Motor Matic di AHASS Jakarta-Tangerang Dapat Diskon BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis!