F1 2023: Bukan Mick Schumacher, Mercedes Pilih Pembalap Denmark Ini Jadi Pendamping Lewis Hamiltom

Senin, 31/07/2023 22:07 WIB

mobilinanews (Inggris) - Sejak jadi pembalap ketiga di tim Mercedes, Mick Schumacher belum sekali pun tampil di sesi resmi kompetisi F1. Ia cuma mencicipi W14 saat tes ban Pirelli. 

Tak ada kepastian kapan putra Michael Schumacher itu tercatat resmi sebagai pembalap tim Mercedes di ajang grand prix. Kesempatannya hanya terbuka kalau salah satu dari duet driver Mercedes Lewis Hamilton dan George Russell  berhalangan tampil.

Beda dengan pembalap muda Denmark Frederik Vesti (21 tahun) yang bernasib baik karena dipastikan jalani debutnya sebagai pembalap Mercedes di GP Meksiko, akhir Oktober mendatang. Team Principal Mercedes Toto Wolff yang langsung menunjuk Vesti gantikan Russell di sesi awal GP Meksiko. Ia mendampingi Hamilton si pemegang 7 gelar juara dunia.

Tapi, Schumacher tak perlu gundah gulana apalagi protes. Itu tak berarti ia diabaikan dan ia paham hal itu. Sebab, penetapan Vesti adalah kewajiban tim untuk memberi kesempatan kepada Vesti sebagai pembalap binaan Mercedes.

Ya, ada program yang ditetapkan FIA yang mewajibkan semua tim F1 memberi kesempatan tampil kepada pembalap muda di sesi latihan resmi, untuk jalani debut di F1.

Aturan itulah yang dipakai Mercedes karena Schumacher yang eks juara dunia F2 itu sudah jadi pembalap F1 musim 2021-2022 bersama tim Haas.

Vesti saat ini bertarung di level Formula 2 dan salah satu kandidat juara dunia. Ia gabung dengan tim elit F1, Prema Racing.

Ia tentu saja gembira menjadi pengganti Russell di GP Meksiko meski hanya untuk sekali sesi latihan. Tak perlu target khusus. Yang penting ia mencicipi spek mobil F1 dan berkompetisi di ajang resmi. Bukan hanya sekadar mencoba, tapi kesempatan itu juga jadi pengalaman dan pembelajaran untuk mengenal karakter mobil dan atmosfer balap F1 secara dini, sejalan dengan harapan FIA dan Wolff yang ambil keputusan.

"Saya sudah bayangkan betapa senangnya nanti menjalani debut di balapan resmi F1. Apalagi  berdampingan dengan driver sekelas Hamilton. Itu benar-benar gila, dan sudah lama saya impikan," ucap Vesti lewat wawancara dengan stasiun televisi Denmark, TV2.

Setelah itu tinggal menunggu waktu kapan Vesti bisa promosi ke jenjang F1 seperti para alumnus F2 lainnya, antara lain Russell, Schumacher dan ruki 2023 Oscar Piastri (McLaren). (rn)

 

TERKINI
NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE, Sebuah Ekosistem Fashion dan Teknologi OMODA untuk Kemajuan Dunia Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza