MotoGP 2023: Morbidelli Out, Alex Rins Masuk Dampingi Quartararo di Skuad Yamaha

Rabu, 02/08/2023 23:59 WIB

mobilinanews (Inggris) - Satu lagi isu di MotoGP yang lantas jadi fakta. Kini resmi sudah Alex Rins masuk line up tim pabrikan Yamaha di musim 2024. Ia gantikan Franco Morbidelli.

Kepastian itu dikabarkan Yamaha lewat rilis pada Rabu (2/8). Rins sebenarnya masih terikat kontrak dengan LCR Honda hingga akhir 2024.

Tapi, eks pembalap Suzuki itu tak betah di tim satelit Honda itu karena merasa kurang mendapat dukungan Honda.

Ia bisa hengkang di masa kontrak karena ada klausul boleh pindah jika ia dapat tempat di tim pabrikan.

Managing Director Yamaha MotoGP Lin Jarvis mengaku bahagia sudah mendapatkan tanda tangan Rins. Pembalap Spanyol itu, kata Rins, punya bakat alami dan skill di atas motor.

Sang bos yakin pengalaman Rins bersama brand berbeda (Suzuki dan Honda) akan sangat berguna dalam pengembangan YZR M1 andalan Yamaha di kelas MotoGP.

"Ia juga lama di atas motor yang konfigurasi mesinnya mirip (Suzuki) sehingga adaptasinya dengan M1 saya kira akan berjalan mulus. Kemenangannya di GP AS dengan tim barunya mencerminkan kebisaannya yang cepat beradaptasi," komentar Jarvis yang juga yakin Rins adalah rider yang sepadan menjadi tandem Fabio Quartararo pada musim 2024.

Morbidelli sendiri belum jelas akan berlabuh di tim mana musim depan. Tadinya ia merapat le tim VR46 Ducati milik Valentino Rossi dengan catatan Marco Bezzecchi pindah ke Pramac Ducati dengan status rider pabrikan. Masalahnya, Bezzecchi ingin tetap bersama tim saat ini dengan status pabrikan.

Isu lain adalah Gresini Ducati untuk menggantikan pembalap Italia lainnya, Fabio Giannantonio. Ujjng-ujungnya mungkin saja Morbidelli bergeser ke ajang WSBK jika tak ada lagi tempat di grid MotoGP.  (rn)

 

 

TERKINI
Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang Panduan Lengkap Menjual Mobil Bekas dengan Sukses, Ada 12 Langkah Jitu Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024