WRC 2023 Finlandia: Kalle Rovanpera Tercepat Practice, Toyota Gazoo Racing Siap Kembali Berjaya

Jum'at, 04/08/2023 05:28 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Perally tuan rumah Kalle Rovanpera (Toyota Gazoo Racing) membuka sesi awal Rally Finlandia dengan memenangi sesi shakedown, Kamis (3/8). Besok ia masih berharap hujan turun.

Juara dunia bertahan itu unggul 0,8 detik atas rekan setimnya di Toyota, Elfyn Evans, yang juga rival terdekat di klasemen sementara WRC 2023.

Tercepat 3 dihuni local hero lainnya, Esepekka Lappi (Hyundai) yang menjadi pereli lokal terakhir yang juara Rally Finlandia pada 2017. 

Ott Tanak (M-Sport Ford) yang favorit juara di Reli 1000 Danau itu mengawali lomba dengan finish di urutan 4. Pereli Estonia ini tahun lalu juara di sini saat bersama tim Hyundai.

Tapi, kali ini ia tak yakin bisa memenangi lomba untuk kali ketiga bersama tim barunya.

"Situasi saat ini sangat berbeda dengan tahun lalu. Saya belum cukup beradaptasi dengan mobil (Ford Puma Rally1). Secara teknis saya kira Toyota dan Hyundai yang akan bersaing di garis depan," kata Tanak.

Yang tak kalah menarik adalah penampilan Jari-Matti Latvala sebagai peserta reli setelah 6 tahun tak tarung di kancah WRC.

Untuk sementara ia tinggalkan jabatan sebagai Team Principal Toyota Gazoo Racing dan murni hadir sebagai pereli dengan jatah mobil keempat Toyota setelah Rovanpera, Evans dan Takamoto Katsuta.

Ternyata aksi itu tak sekadar kangen berlomba di negeri sendiri. Bos Rovanpera itu punya niat lain, yakni langsung menjajal kinerja Yaris GR Rally1. Ia ingin pahami performa mobil saat gunakan hybrid atau sebaliknya.

"Pengetahuan itu penting untuk mantapkan diskusi dengan tim. Sejak awal set up pikiran saya adalah jadi pereli," kata Latvala yang finish P9 saat shakedown.

Seperti berita sebelumnya, Rovanpera cenderung lebih prioritaskan tambahan poin untuk perbesar peluang menjadi juara WRC 2023 ketimbang ambil resiko memaksakan kemenangan perdana di negeri sendiri. 

"Saya sangat ingin menang kali pertama di rumah sendiri. Tapi, saya tak ingin ambil resiko merusak posisi bagus di klasemen saat ini," kata Rovanpera yang sudah unggul 55 poin atas Evans.

Mengarungi SS2 hingga SS10 sepanjang Jumat (4/6) esok, Rovanpera sungguh berharap turun hujan. Sebab, itu akan menguntungkan dirinya sebagai perally pertama yang lepas start. (rn)

 

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik