MotoGP 2023 Inggris: KTM Pertanyakan Pelanggaran Track Limit Bagnaia, Stewards Beri Alasan Ini

Senin, 07/08/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Inggris) - Track Limit menjadi hantu menakutkan buat pembalap sepanjang musim ini. Ini soal aturan roda motor yang tak boleh ke luar lintasan di beberapa bagian. Sudah berulangkali dikeluhkan pembalap.

Regulasi itu sangat jelas meski tujuannya bisa diperdebatkan. Prosedur dan efeknya pun jelas. Yang masalah adalah penerapannya.

Ada pelanggaran yang dihukum stewards dan ada pula yang didiamkan. Membuat aturan jadi kontroversi berkepanjangan sejak awal musim 2023.

Terbaru terjadi pada raceday GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (6/8). Menyangkut juara dunia bertahan, Francesco 'Pecco'  Bagnaia (Italia/Ducati).

Tertangkap kamera seperti gambar di  atas, Desmosedici GP23 besutan Pecco tampak jelas melewati batas lintasan. Bahkan menyentuh lapisan rumput di pinggir trek.

Saat itu Pecco baru saja di over take Aleix Espargaro (Spanyol/Aprilia) di pertengahan lap terakhir. Ia bereaksi dengan mengejar lawan untuk kembali ke posisi P1. Pengejaran yang gagal. Aleix secara mengejutkan muncul sebagai juara. Pecco harus puas sebagai runner up.

Podium ketiga dihuni Brad Binder (Afsel/KTM). 

Adalah tim Red Bull KTM yang kemudian mempersoalkan bukti foto di atas. Di mata pabrikan Austria tersebut Pecco sudah langgar aturan track limit. Sesuai regulasi maka sanksinya adalah mundur 1 posisi.

Jika begitu maka hasil finish berubah, Binder ke P2 dan Pecco ke P3. Itu akan menguntungkan Binder sebanyak 4 poin.

Tapi, saat masalah itu dibawa ke meja para stewards penegak aturan, jawaban yang diterima KTM sungguh di luar dugaan.

Dikutip dari motorcyclesports, pihak KTM mengaku sudah pertanyakan masalah tersebut seusai balapan. Tapi, stewards mengabaikannya.

"Alasannya tak ada sensor menangkap kesalahan Pecco," bunyi statement tim yang kemudian tak lagi mempersoalkan atau memperpanjang masalahnya meski dalam kamera sangat jelas bagaimana roda depan motor Pecco ke luar garis lintasan.

Apakah steward pilih kasih dalam menerapkan aturan atau memang tak bisa diproses gegara tak ada dukungan sensor? 

Ditunggu apakah steward akan beri jawaban detil karena masalahnya sudah diviralkan KTM lewat medsos atau diam saja? 

Yang jelas, ini satu lagi bukti betapa aturan track limit itu memang  bisa jadi ancaman pembalap di sepanjang balapan. (rn)

 

 

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia