"Pecah Telor" Dengan Juarai Kelas F2 di South Borneo Rally 2023, Andi Yusrizal : Berkat Bimbingan Om Lanang Nih

Rabu, 09/08/2023 21:08 WIB

mobilinanews (Tapin) - Setelah berjuang keras untuk terus menjadi lebih baik, akhirnya perally Andi Yusrizal dengan co-driver senior Lanang Damarjati, berhasil meraih podium juara 1 kelas F2 pada South Borneo Rally 2023 di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu (6/8/2023).

"Pecah telor" - istilah untuk menjadi juara yang belum pernah dicapai - yang berhasil dilakukan Andi tidak diraih dengan mudah begitu saja. 

Andi Yusrizal dan Bintang Barlean, keakraban tim BART Motorsport

Apalagi Special Stage untuk seri 2 Kejurnas Rally 2023 kali ini, sangat variatif juga diakui Andi yang mengaku sebagai perally newbie (perally pemula) ini.

"Alhamdulillah, akhirnya bisa menjadi juara 1. Salah satu yang membuat bisa P1 (juara 1), mobil Proton NEO gak mengalami kendala berarti mengarungi 13 SS selama 3 hari Kejurnas Rally kali ini," ungkap Andi kepada mobilinanews.

Meski begitu, perally dengan bendera BART Motorsport ini mengaku Special Stage (trek) menjadi licin ketika hujan. "Di sisi lain, ketika cuaca berubah menjadi panas terik, membuat stamina mudah terkuras, serta mandi keringat," ungkap perally asal Bandung, Jawa Barat ini. 

Andi juga mengaku banyak terbantukan oleh peran Lanang Damarjati sebagai co-driver.

Transfer ilmu rally dari co-driver senior Lanang Damarjati, respect

"Semua ini berkat om Lanang. Dengan pengalamannya yang segudang, om Lanang banyak memberikan bimbingan dan arahan yang sangat berguna. Terus terang, ini baru sebagian kecil (ilmunya) yang ditransfer ke saya hehe," senyum Andi, yang pada seri 1 KFC Danau Toba Kejurnas Rally 2023, 24-25 Juni lalu finish ke-5.

Lanang Damarjati pun menyampaikan feed back terkait progress Andi. "Dari waktu ke waktu, dia terus mengalami progress dan improve yang menggembirakan. Ini menyenangkan, karena bro Andi istilahnya menjadi perally dari nol, bersama saya," kata Lanang.

Hanya saja, lanjut Lanang, memang masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan. "Semisal, terkadang dia masih suka ragu-ragu dan kurang berani mengambil keputusan untuk gaspol. Tapi saya bisa maklum, semua kan butuh proses," senyum Lanang. 

Bersama driver dan co-driver lain, menunggu antri start Special Stage

Jika ada hal yang membuat Andi kurang happy, karena di seri 2 Kejurnas Rally 2023 di Kalsel ini tidak bisa menghasilkan poin terbaik Kejuaraan Team seperti di KFC Danau Toba Rally seri 1 lalu di mana BART Motorsport berhasil menjadi juara 1 Kejuaraan Team.

"Kami dan sejumlah perally BART Motorsport lainnya sudah melakukan survei secara detil dan berharap bisa hasilkan poin terbaik. Ternyata South Borneo Rally 2023 tidak seperti yang kami pikirkan," ungkap Andi.

"Semoga di seri 3 Danau Toba Kejurnas Rally 2023 nanti, BART Motorsport bisa memperoleh hasil yang maksimal," harap Andi, yang sebelumnya pernah menggeluti ajang offroad.

Yang juga menarik, untuk menjadi juara di South Borneo Rally kali ini, Andi/Lanang harus mengalahkan para perally terbilang kuat dan senior di kelas F2.

Kiri-kanan : Andi, Lanang dan Anondo Eko

Yakni seperti Toni/Tori Utomo (Honda Jazz, Jawa Timur), perally 3 zaman Eddy WS/Syariful "Ucok" Adil (Suzuki S-Cross, Sumatra Utara) serta Teguh Azwar Annas/Tony Wahyu (Mitsubishi GLXi) masing-masing sebagai juara 2 hingga 4.

Memang sih, seperti bang Eddy WS sempat mengalami trouble pada mobilnya. Namun keberhasilan Andi Yusrizal kali ini sangat berarti untuk semakin memacu spiritnya menjadi lebih maju lagi. Mengingat jam terbangnya masih perlu ditambah dan diperbanyak. 

Keberhasilan Andi, juga termotivasi sukses rekan satu timnya yakni Bintang "Bocah Ajaib" Barlean dan co-driver Anondo Eko yang kembali menyabet trofi juara 1 kelas M2.

Selamat untuk bang Andi, bang Lanang dan BART Motorsport. (budsan)  

 

 

TERKINI
Semok, Layanan Servis Motor Keliling Melayani Lebih dari 1.000 Konsumen Motor Honda Selama Januari-April 2024. Wuling EV Jadi Official Car Partner Dalam 10th World Water Forum 2024 di Bali Human Error Masih Jadi Penyebab Utama Kecelakaan Sepeda Motor di Indonesia, Suzuki Beri Tips Praktis Rem Motor untuk Hindari Bahaya Kymco Like ABS 150i: Skutik Vintage yang Memukau dengan Sentuhan Modern