Pendaftaran Belum Lagi Ditutup, Peserta Seulawah eXpedition di Aceh Telah Lampaui Kuota!

Rabu, 16/08/2023 01:08 WIB

mobilinanews (Banda Aceh) - Petualangan ekstrem yang digelar Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Adventure Club kembali bergulir. Kali ini Aceh menjadi tuan rumah.

Temanya "Friend & Challenge Seulawah eXpedition" ke-5 yang bakal berlangsung 7-10 September 2023.

Bagi offroader yang domisili di Sumatra inilah proses seleksi untuk bisa lolos mengikuti main event IOX.

"Ini merupakan event Pra IOX Nasional. Yang memperebutkan 10 nomor yang lolos dapat jatah jadi Calon Members atau anggota tetap IOX," beber Musni Haffas, Ketua IOX Aceh Chapter.

Menurut offroader senior yang akrab disapa Bang Alex ini, tak mudah untuk menjadi Peserta Nasional.

"Ada syarat dan proses seleksi yang harus dilalui dulu. Seperti di Aceh, awalnya event ini dibatasi 50 peserta saja. Ternyata peminat daftar mencapai sudah mencapai 70 unit kendaraan," ungkapnya.

"Namun untuk pendaftaran kita tidak bisa batasi karena moto IOX adalah persahabatan, pertemanan dan saling kunjung sambil silahturahmi. Dan bukan persaingan. Friend & Chalengge sendiri punya arti mari kawan-kawan  komunitas kita bermain  bersama di event IOX," ajak Bang Alex melihat antusias offroader.

"Sedangkan jatah slot calon members IOX yang lolos pra event F&C di Aceh, sebanyak 10 finisher terbaik yang nantinya ditentukan oleh delegate, safety officer dan pihak media yang menilai dan diumumkan Pengurus Pusat berdasarkan poin dan penilaian lain," terang Alex yang juga masuk Pengurus Pusat Bidang Track Committee.

Tak salah jika event IOX di Aceh, diikuti beberapa senior anggota Members IOX dari Bukittinggi, Medan, Tanah Karo, Jawa Barat dan Malang.

Tak ketinggalan dari Aceh yang menjadi tuan rumah. Rutenya dimulai dari Banda Aceh menuju Aceh Besar, lanjut masuk Kabupaten Pidie yang mengitari pergunungan Seulawah . 

Lalu seperti apa programnya?

"Jadi begini, IOX itu setiap tahun menggelar main event. Pesertanya dibatasi 80 unit kendaraan. Yang 50 unit saja sudah terisi members. Kita selalu menyisakan 25-30 slot untuk members baru," urai Sri Hascaryo, Ketum IOX Pusat yang akrab disapa Yoyok.

Dari mana diambil members baru?

"Itulah kita terus mencari calon members melalui event chapter bertema Friend & Challenge atau Ultimate. Tentunya memiliki standar khusus, baik disiplin, kecakapan alias skill, kelayakan kendaraan dan paling utama safety," yakin Yoyok.

Dilanjutkannya, "Slot tersisa diambil dari seluruh Nusantara. Misal di Sumatra ada event di Aceh, lalu Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Makanya rangking harus bagus, kendaraan siap, karena main event itu 16 hari lho di hutan," ungkap Yoyok.

Yaps! Kembali ke Aceh. Nama Seulawah eXpedition merupakan event tahunan IOX Aceh Chapter. "Sempat terhenti beberapa tahun akibat Covid. Ini yang ke-5 diadakan.

Tak salah dapat support luar biasa dari Kodam Iskandar Muda yang dimotori Kang Ayi selaku Penasehat Event," sebut Bang Alex.

Yang dimaksud Kang Ayi adalah Ketua Pengda IOF Jawa Barat. "Kebetulan beliau sedang tugas di Aceh. Jika dilihat catatan, Aceh termasuk chapter paling aktif di IOX sejak awal berdiri," pungkas Bang Alex yang komandoi IOX Aceh sejak 2013 sampai sekarang.

Siplah! (BangVe)
 

TERKINI
Panduan Lengkap Jual Mobil Bekas dengan Sukses Denza Z9 GT Versi PHEV Siap Diluncurkan di Pasar Eropa Bulan Ini Buruan, Simak Beragam Promo Menarik Motor Honda Bulan Ini BAIC BJ-40 PLUS dan BAIC X-55 Hadir Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Simak Spek dan Keunggulannya