Harganya Rp 160 Miliar, Supercar Eks Lewis Hamilton Bonyok di Terowongan

Rabu, 16/08/2023 20:01 WIB

mobilinanews (Inggris) - Tak hanya jadi pembalap hebat dengan koleksi 7 gelar juara dunia F1. Jika jadi pedagang mobil seken pun Lewis Hamilton dipastikan hebat. Ini buktinya.

Pada 2014 pembalap tim Mercedes itu membangun sebuah mobil custom yang semua aspeknya berdasarkan keinginan driver Inggris itu. Supercar bikinan rumah lroduksi Pagani itu diberi nama Pagani Zonda 760 LH. Ya, betul, dua huruf teralhir itu adalah singkatan namanya. 

Mobil V12 dengan kapasitas 7,3 liter itu dibangun dengan transmisi manual lantaran LH tak suka yang metik. Mobil ini hanya dibuat 5 unit dan satu-satunya yang berkode LH. Harganya saat itu 1,4 juta Euro atau `hanya` Rp 23 Miliar.

Sayang, pada 2015 mobil itu celaka di tengah gemerlap kota Monte Carlo. LH akui kecelakaan terjadi karena ia kebanyakan berpesta dan kurang tidur selama satu setengah minggu.

Pasca kejadian, mobil itu lebih banyak mendem di garasi setelah dipoles ulang.

Dan, akhirnya pada 2021 dijual Hamilton kepada sesama warga Inggris dengan catatan jarak tempuh baru 1000 km. Harga jualnya 10 juta Euro atau kalau mau iseng dirupiahkan setara dengan kisaran Rp 165 miliar.

Wow, cuan sangat besar buat Hamilton! Status sebagai mobil bekas LH tentu turut mendongkrak harga.

LH menjual mobil dengan alasan handling-nya yang sangat sulit dan karena itu pula banyak diam di garasi.

"Tapi, suara knalpotnya paling keren dari semua mobil yang pernah saya kendarai," katanya.

Sayang di tangan pemilik barunya, mobil itu lagi-lagi celaka. Kali ini lebih parah. Banyak bagian bonyok karena menubruk dinding sebuah terowongan di Wales. Pengemudinya selamat, tapi tak ada kepastian apakah mau dijual lagi atau tidak dan berapa harganya. (rn)

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang