F1 2023 Belanda : Max Verstappen Siap Menembak Rekor Bersejarah Milik Sebastian Vettel

Kamis, 17/08/2023 19:57 WIB

mobilinanews (Inggris) - GP Belanda sudah semakin dekat pada 27 Agustus ini. Ini home race Max Verstappen, pembalap unggulan tim Red Bull Racing (RBR). Dan, kesanalah ia memburu rekor.

Tampil di tengah lautan The Orange Army sebagai kelompok pendukungnya, jelas sangat layak memfavoritkan MV kembali berjaya. Lanjutkan tren kemenangan RBR yang sudah menang 12 kali dalam 12 race awal F1 musim 2023.

Kali ini jika menang lagi di Sirkuit Zandvoort maka itu adalah kemenangan bersejarah yang ditunggu selama 10 tahun.

Dari 12 race tahun ini, 10 diantaranya milik Verstappen (dua disambar team mate-nya, Sergio Perez). Delapan kemenangan diantaranya diraih secara beruntun. Jadi, jika Verstappen dan besutan RB19-nya nanti menang di Zandvoort maka itu berarti ia menyamai rekor milik Vettel, menang 9 kali beruntun pada musim 2013, juga bersama tim RBR.

Jika itu terwujud, berarti dua rekor penting sudah disabet musim ini. Sebekumnya RBR juga sukses melampaui rekor kemenangan beruntun 11 kali yang dicetak tim McLaren pada 1988.

Mark Webber (Australia) yang menjadi rekan setim Vettel pada 2013 itu menyebut bukan hal mudah meraih kemenangan beruntun 9 kali. Banyak faktor penentunya.

"Dalam kompetisi seperti F1, kegagalan  bisa terjadi karena daya tahan mesin, performa ban, setingan dan persoalan teknis lainnya. Bisa karena human error, baik dari pembalap, pitcrew maupun strategi tim," komentar Webber.

Ya, itu jelas tak mudah. Buktinya sepanjang sejarah F1 hanya Vettel yang bisa menang beruntun 9 kali. Michael Schumacher dan Lewis Hamilton tak mampu meski keduanya sama-sama pemilik rekor 7 gelar juara dunia F1.

Tapi, Webber yakin semua rintangan itu nanti bisa dilewati Verstappen di kandangnya sendiri. Tak lain karena paket RB19 yang musim ini sangat dominan. Ditambah lagi oleh kualitas Verstappen yang jauh lebih mumpuni di kokpit RB19 dibandingkan Perez. RB19 dan Verstappen adalah satu paket yang saling menopang.

"Saya pikir dunia sedang menantinya tampil di kandang sendiri. Atmosfer di sana selalu istimewa. Sudah seharusnya ia menang di sana dan menyamai rekor Vettel," imbuh Webber.

Ia tambahkan, Verstappen kini dalam masa-masa terbaiknya dan menikmati semua aspek balap yang mengelilinginya. Ia juga seorang eksekutor yang sejauh ini sangat berhasil. Ia sama sekali tak punya tekanan. Bahkan semua yang ada adalah yang menguntungkannya. (rn)

 

TERKINI
Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang Panduan Lengkap Menjual Mobil Bekas dengan Sukses, Ada 12 Langkah Jitu Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024