Kembalinya Bentley Ke Ajang Balap Ketahanan

Minggu, 31/01/2016 07:59 WIB

mobilinanews (Perancis) - Bentley merupakan merek mobil asal Inggris yang mengutamakan kemewahan dan citarasa khas bangsawan dalam produknya. Continental dan Bentayga merupakan 2 produk yang didagangkan melalui pabrikan berlogo sayap mengepak ini.

Pada 2001, Bentley turun dalam ajang balap ketahanan Le Mans dengan 2 mobil balapnya yang dinamai EXP Speed 8. Tapi debut mobil itu sangat mengesankan dengan meraih podium ketiga di belakang dominasi Audi R8R yang menghuni podium pertama dan kedua.

Hanya saja, mobil kedua tim Bentley itu harus terbakar di tengah balapan yang sedang hujan. Pada 2002,  tidak ikut serta karena mengembangkan mesin baru untuk balapan tahun 2003. Hasilnya, berhasil memenangkan balap ketahanan bergengsi di dunia itu dan mengalahkan Audi.

Padahal di balap ketahanan 12 jam Sebring tahun 2003, mereka hanya bercokol di posisi ketiga dan keempat karena diasapi oleh pabrikan berlogo 4 cincin itu.

Menggunakan chassis Ginetta LMP3, Bentley akan turun di balap ketahanan kelas LMP3 Sportcar Championship. Akan mengandalkan mesin yang sedang digunakan oleh Continental GT3 yakni mesin V8 twin turbo berkapasitas 4000 cc bertenaga 600 dk.

Wolfgang Durheimer selaku CEO Bentley berbicara melalui Sportcar365. "Ini sudah jadi filosofi kami untuk mendominasi balapan. Amerika Serikat adalah pasar terbesar merek kami. Jadi kami akan melihat tim kali balapan di Amerika. Tidak hanya pada Pirelli World Challenge tapi di IMSA."

Pada Pirelli World Challenge yang notabene ISSOM khas negeri Paman Sam itu mereka menurunkanContinental GT3.

Belum diketahui kapan Bentley akan debut balap di Sportcar Championship. Tapi, sudah melakukan tes terhadap proyek mobil LMP3 secara diam-diam loh. (Teks Berto Pramadya)

TERKINI
BYD Seal 06 DM-i, Mobil dengan Teknologi Hybrid Terbaru, Memiliki Fitur Canggih PO TAM Tambah 10 Unit Bus Mercedes-Benz OH 1626L Euro 4 Untuk Mendukung Bisnis! Perluas Ekspansi Pasar, Goodyear Kini Punya Toko Online di e-Commerce April 2024, Chery OMODA E5 Terjual 506 Unit di Indonesia!