Bos Red Bull Racing Sebut, Daniel Ricciardo Calon Pengganti Sergio Perez di F1 Musim 2025

Rabu, 23/08/2023 17:57 WIB

mobilinanews (Inggris) - Max Verstappen menang 8 kali beruntun. Saat sama teammate-nya di Red Bull Racing (RBR), Sergio Perez, hanya 4 kali naik podium. Keduanya pun riskan berpisah.

Potensi itu diungkap Team Principal RBR Christian Horner jelang GP Belanda akhir pekan ini. Ia akui sejumlah nama telah dibidik untuk pendamping Verstappen berikutnya.

Salah satunya adalah Daniel Ricciardo (Australia) yang sebelumnya pernah jadi rekan setim Verstappen. Verstappen sendiri sudah dikontrak RBR hingga akhir musim 2028.

"Checo (Perez) punya kontrak hingga akhir 2024. Tapi, untuk musim 2025 kami punya ancang-ancang line up alternatif. Banyak nama yang berseliweran di paddock F1. Apakah Checo masih lanjut di 2025 sangat bergantung pada performanya sendiri," ucap Horner.

Musim 2023 ini Checo memang berada di urutan kedua klasemen, tetapi dengan selisih poin yang sangat besar, 125 angka, dari Verstappen. Satu hal yang tak sesuai dengan target tim.

Juga jadi pertanyaan berbagai pihak karena sejatinya ia dan Verstappen menggunakan spek mobil yang sama. Tak elok ditinggal setelak itu hanya dalam 12 kali balapan.

Kecuali Perez, biasanya RBR merekrut pembalap RBR dari akademi mereka sendiri yang dimatangkan lewat tim pendukung AlphaTauri.

Ricciardo sendiri saat ini dan mungkin juga di 2024 ditempatkan pada tim yunior itu mendampingi driver Jepang Yuki Tsunoda.

Sejumlah pengamat memprediksi langkah itu adalah  strategi darurat jika terjadi sesuatu pada Perez. Saat sama menjadi masa persiapan Ricciardo ke tim utama pada 2025.

Horner pun akui Ricciardo salah satu kandidat yang disiapkan ke 2025 mendampingi Verstappen.

"Dia punya potensi, karena itu kami memanggilnya kembali."

Setelah keluar dari RBR, Ricciardo sempat memperkuat tim Renault dan McLaren. Ia diputus kontrak oleh McLaren di akhir 2022 meski durasi kontrak harusnya berakhir 2023. RBR lantas menampungnya sebagai pembalap ketiga RBR.

Selanjutnya ia jadi pembalap regular di AlphaTauri pasca pemecatan pembalap ruki Nick de Vries yang hanya tampil 10 race.

Horner pastikan Perez tetap di skuad RBR pada 2024. Dengan sendirinya Ricciardo harus tunggu semusim untuk membuka celah ke tim utama.

Dan, Horner juga tegaskan, pilihan Perez atau Ricciardo ke musim 2025 sangat bergantung pada hasil yang diraih masing-masing.

Sepanjang performanya sesuai target tim, Horner pun mengabaikan umur Ricciardo yang 36 tahun pada 2025 nanti.

"Umur bukan penghalang. Lihat saja Lewis (Hamilton, 38 tahun) dan Fernando (Alonso, 42 tahun)," imbuh Horner sebagai sinyal positif buat Ricciardo untuk lebih dini mempersiapkan diri. (rn)

 

 

 

 

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya