Gubernur Ganjar Pranowo : Toyota Ternyata Memiliki Program "Ijo Royo-Royo".

Minggu, 31/01/2016 21:43 WIB

mobilinanews (Semarang) - Penanaman bibit mangrove yang dilakukan Group Toyota Indonesia sejak tahun 2012 sudah membantu pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup. Dengan adanya kegiatan CSR dari Toyota Indonesia ini, diharapkan dapat mencegah abrasi atau pengikisan bibir pantai.

Seperti yang dilakukan di sepanjang Pantai Maron, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/1) kemarin, sebanyak 110.000 bibit mangrove (pohon bakau) telah ditanam dan dihadiri juga oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo S.H.

"Semakin banyak menebang harus lebih banyak lagi menanam pohon. Kita lihat saat ini rawan dengan permasalahan lingkungan, termasuk abrasi penurunan tanah (land subsidence). Mangrove tidak hanya bisa menahan gelombang tetapi di dalamnya menjadi tempat ikan-ikan bertelur. Hal itu juga memberikan dampak positif untuk ekosistem laut," kata Ganjar yang ikut menanam bakau.

Ditambahkan, ternyata kegiatan dari Toyota Indonesia ini sama dengan program pemerintah Jawa Tengah yakni "Ijo Royo-royo" untuk penataan lingkungan terutama di area kritis.

"Ini penting untuk melindungi pantai kita dari abrasi dan sebagai sumber pangan nantinya. Jangan lupa, pertumbuhan pohon bakau membutuhkan waktu dua sampai tiga tahun untuk selalu dipantau," jelasnya.

Setelah di Pantai Maron, Semarang, Toyota Indonesia akan melakukan penanaman di Kendal, Jawa Tengah yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan sebanyak 30 ribu bibit mangrove dan Demak dengan 20 ribu bibit mangrove.

Kegiatan Toyota yang patut dipuji. (Teks dan foto Zenuar)

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen