F1 2023 Belanda: Max Verstappen Berpeluang Samai Rekor Alberto Ascari dan Sebastian Vettel, Juara 9 Kali Beruntun

Minggu, 27/08/2023 18:08 WIB

mobilinanews (Belanda) - Start dari pole position, Max Verstappen (Red Bull Racing/RBR), sejengkal lagi mencetak rekor istimewa. Rekor yang sejak 1950 hanya 2 orang yang mampu membuatnya dalam sejarah F1.

Itu jika raceday GP Belanda pada Minggu (27/8) malam WIB ini berjalan normal. Tanpa hujan yang riskan insiden, dan tanpa masalah teknis pada RB19 andalannya. Ia favorit tunggal untuk juara.

Setelah menang 8 kali beruntun, ia kini menuju kemenangan ke-9 beruntun untuk menyamai pencapaian Alberto Ascari di era 1950-an dan Sebastian Vettel pada 2013.

Jika malam ini Verstappen sukses menjadi orang ketiga dalam sejarah tersebut, maka dalam race berikutnya di Sirkuit Monza, Italia, sangat mungkin ia menjadi satu-satunya pembalap yang cetak 10 kemenangan beruntun sepanjang sejarah F1.

Tampil di home race dan di depan publik sendiri, Verstappen mengaku datang hanya untuk menang. Untuk berselebrasi bersama legiun The Orang Army, kelompok penggemarnya yang fanatik.

"Ketika mencetak kemenangan kelima lalu, Seb (Vettel) mengirimi saya pesan. Menyemangati untuk lanjutkan kemenangan," kata juara dunia 2021 dan 2022 ini.

Namun, ia mengaku fokusnya di setiap balapan hanyalah meraih kemenangan. Itu yang utama, bukan fokus pada rekor. Bahwa kemenangan itu membawa rekor tersendiri ia anggap sebagai bonus.

"Sekarang saya sudah 8 kali menang berurutan, sebuah hal yang tidak terduga dan tidak menjadi tujuan awal. Jika bisa jadi 9 maka itu suatu hal yang sangat impresif. Jika memungkinkan tentu saja saya ingin mengambilnya," katanya.

Sebelumnya, Verstappen dan teammate Sergio Perez sudah mencetak rekor baru 12 kemenangan beruntun. Malampaui reputasi duet legenda F1 Alain Prost dan Ayrton Senna di skuad McLaren pada musim 1988 atau tiga setengah dekade lampau. 

Dari 12 kemenangan itu, 10 di antaranya milik Verstappen yang 8 diantaranya beruntun. Hanya dua milik Perez. (rn)

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia