Pertamina Pertimbangkan Menjadi Sponsor Tim VR46 Milik Valentino Rossi di Ajang MotoGP, Ini Sederet Benefitnya

Selasa, 29/08/2023 01:58 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Jaringan Pemred Promedia (JPP) bersama Pokja Jurnalis Otomotif Promedia pada Senin, 28 Agustus 2023 mengadakan acara JPP Talk dengan VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Diskusi singkat yang dipandu Ketua Pokja Jurnalis Otomotif Promedia Hadi Suprapto ini, membahas beragam hal, mulai tren mobil dan motor listrik, semangat baru PT Pertamina, Sp irit Bring The Barrel , hingga isu sponsorship MotoGP.

Kepada ratusan Pemred dan wartawan yang tergabung di ekosistem Promedia, Fadjar menuturkan Pertamina mendukung penuh program motor dan mobil listrik di tengah isu BBM berbahan bakar fosil akan segera habis.

Bagi Pertamina, tren mobil dan motor listrik dari pemerintah yang bertujuan mengurangi polusi udara justru menjadi kesempatan konsorsium dengan perusahaan BUMN lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Fadjar membocorkan rencana konsorsium Pertamina ke depannya.

Menggaet PLN dan PTPN, kata Fadjar, Pertamina akan siap bersinergi mewujudkan dekarbonisasi atau pengurangan emisi dengan kilang modern.

Adapun tujuan dari konsorsium tersebut adalah untuk menciptakan kilang modern yang lebih ramah lingkungan.

Sejauh ini, wujud dari aksi nyata rencana Pertamina ini yakni dengan terciptanya Pertamax Green yang kini telah tersedia di wilayah Jakarta.

“Pertamax Green 95 itu merupakan kolaborasi BBM kualitas baik, seperti yang diketahui isu polusi udara yang kini sedang ramai, enggak usah bicara logika, Pertamina beri solusinya,” jelas Fadjar.

Tak hanya itu, Pertamina juga berkolaborasi dengan PTPN Mojokerto membuat Bioetanol dari molase tebu.

Pertamina juga sudah membuat produknya, Bioetanol, ada juga solar panel, bahkan sampai ke SPBU Green Energy Station,” ujarnya.

Green Energy Station yang baru bisa ditemui di wilayah Jakarta tersebut ternyata dikhususkan untuk mengisi mobil dan motor listrik.

Semangat Baru Pertamina, Semangat Bawa Barel Pulang

Di kesempatan yang sama, Fadjar juga menjabarkan Spirit Bring The Barrel Home yang menjadi semangat baru Pertamina.

Ia menjelaskan, arti dari Spirit Bring The Barrel Home yang digaungkan Pertamina merupakan kelangsungan dari ketahanan energi, mengingat sumber energi di Indonesia sangat terbatas.

“Kita paham sumber energi terbatas, sedangkan Indonesia negeri berkembang, sumbernya kan kurang, kita pengimpor minyak, ibaratnya daripada kita mengimpor meskipun tidak 100 persen, kita bisa menggantinya,” ujarnya.

Soal Isu Jadi Sponsor Tim VR46 di MotoGP

Menutup sesi diskusi, Fadjar memberikan informasi tambahan sekaligus menjawab soal isu Pertamina yang digadang-gadang akan ikut menjadi sponsor tim MotoGP, yakni tim 46VR milik sang legenda Valentino Rossi.

Fadjar menyebut Pertamina sedang mempertimbangkan hal tersebut, namun masih menjadi bahasan utama yang terus dilakukan secara rutin bersama seluruh pihak terkait.

"Klarifikasi terkait sponsorship tim VR46 di MotoGP, belum resmi, masih pembahasan diskusi juga. Sebelum ada kesepakatan tentu kita belum bisa mengklaim. Ada mengarah ke sana betul, tapi kami masih terus berdiskusi dengan pihak tim VR46," terang Fadjar (hilary)

TERKINI