Volvo Siapkan 100 Unit Mobil Pintar, Bisa Jalan Tanpa Supir!

Minggu, 31/01/2016 23:52 WIB

mobilinanews (Swedia) – Rencana percobaan besar di dunia dengan menghadirkan mobil tanpa pengemudi (self driving car) sedang dilakukan oleh Volvo. Di projek Drive Me yang dikembangkan Volvo, setidaknya akan meluncurkan 100 unit mobil pintar yang bisa jalan tanpa campur tangan supir, alias bisa jalan sendiri, meskipun sang supir tetap berada dibalik kemudi.

Projek dengan investasi sebesar 72 juta dollar Amerika ini, adalah hasil kerjasama antara Volvo dengan badan transportasi di Swedia. Nantinya (2017) ke 100 unit Volvo ini akan berjalan sendiri melewati jalan perkotaan di Swedia dengan kecepatan maksimum 70 km per jam.

Inovasi yang dilakukan Volvo peran pengemudi akan digantikan dengan fitur kamera 360 derajat, GPS serta sensor tambahan yang akan berfungsi sebagai mata dan telinga. Bahkan saking pintarnya, mobil dapat mencari lokasi parkir meskipun pengemudi sudah keluar dari mobil.

Fitur non driver ini akan berkesinambungan dengan infrastruktur penunjang yang juga sedang dibangun oleh pemerintah Swedia. Diharapkan dengan mengembangkan mobil pintar yang dapat berjalan sendiri ini, dapat menekan angka kecelakaan fatal hingga nol persen. Kira-kira jika mobil Volvo pintar ini jalan ditengah kemacetan kota Jakarta, tetap akan berfungsi gak ya? Hehehe.

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh