Setengah Lebih Saham Daihatsu Kini Milik Toyota

Senin, 01/02/2016 16:03 WIB

mobilinanews - Toyota Motor Corp secara resmi menambah porsi kepemilikan saham Daihatsu Motor Co,. Baru-baru ini dikabarkan bahwa Toyota sudah menguasai 51,2% saham Daihatsu. Dan secara bertahap sisa saham tersebut akan digenapkan menjadi full 100% sampai Agustus depan.

Status kepemilikan saham yang sudah lebih dari setengah ini akan memberikan Toyota kontrol penuh atas produsen otomotif yang mengkhususkan diri di pasar negara berkembang, mobil mini dan kendaraan off-road ini.

Selama beberapa bulan terakhir, secara konsisten keduanya telah duduk bersama  untuk membahas beberapa strategi terkait proses pengambialihan.

Setelah mengambil alih Daihatsu, Toyota bermaksud terus mempertahankan merek Daihatsu di jajaran produk mobil kompak dan kendaraan lainnya dan berencana mengambil kesepakatan internasional di luar Indonesia. Hal ini tentu memudahkan Toyota meningkatkan penetrasinya di negara berkembang seperti China, Brasil, dan India, yang selama ini merupakan pasar paling menantang bagi Toyota.

Memang di pasar tersebut, meski Toyota sudah berusaha memperkuat operasinya, tapi tak mampu menahan laju General Motors dan Volkswagen untuk menyerap porsi yang lebih besar dari Toyota.

Daihatsu juga akan memberikan kesempatan kepada Toyota mengadopsi keahlian dalam teknologi produksi biaya rendah, memperkuat dampak minimisasi biaya untuk keuntungan lebih.

"Ini adalah kesempatan kami berdua untuk meninggalkan kesan berjalan sendiri-sendiri dengan menggabungkan kemampuan yang kita miliki sebelumnya,” jelas President Toyota, Akio Toyoda dikutip dari just-auto.com (29/1).

Sementara Masanori Mitsui, President Daihastu mengamini ucapan Akio Toyoda. "Kami percaya bahwa hal ini menjadi sebuah kerangka kolaborasi yang akan membawa kami terus tumbuh sampai 100 tahun ke depan.”

Di Indonesia sendiri, kolaborasi antara Toyota-Daihatsu bisa dilihat dari hadirnya beberapa produk kembar seperti Avanza dan Xenia, LCGC Agya dan Ayla, serta Terios dan Rush. Bahkan ekspor Toyota Avanza ke beberapa negara dunia, merupakan produksi pabrik Daihatsu. (Zie)

TERKINI
HUT ke-1 VIORI Chapter Tangerang, Wahana Makmur Sejati Dorong Komunitas Motor Honda Jadi Pelopor Cari Aman Berkendara Persaingan MotoGP 2024 Makin Ketat, Juara 1 dan 2 Hanya Selisih Dibawah 1 Detik, Ini Buktinya! Round 2 Mandalika Racing Series 2024 Makin Seru, Disponsori Pertamina dan Ada Kelas Baru Kabel Kelistrikan Motor Ternyata Punya Batas Usia, Simak Cara Mengetahui Kabel Masih Layak Atau Tidak!