MotoGP 2023 Catalunya: Hanya Cidera Ringan, Francesco Bagnaia Siap Tampil di Kandang Valentino Rossi

Senin, 04/09/2023 11:42 WIB

mobilinanews (Italia) - Juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (Italia/Ducati) tak perlu menginap di Hospital General de Catalunya, Spanyol. Minggu (3/9) malam murid Valentino Rossi itu pulang dan lanjutkan perawatan di Modena Hospital.

Hasil CT Scan memperlihatkan tak ada tulang patah atau retak seperti dikhawatirkan usai kaki Bagnaia dilindas Brad Binder (KTM) saat lap pembuka GP Catalunya di Barcelona, Spanyol. Hanya ada beberapa lecet dan sedikit memar di tangan dan kakinya.

"Itu kecelakaan yang aneh, bukan highside (terlempar ke udara dari atas motor dan terbanting ke lintasan) yang normal. Saat sesi pemanasan sudah terasa ada yang aneh di roda belakang, terasa kurang daya cengkeram ban," kisah Bagnaia lewat rilis resmi tim Lenovo Ducati.

Cerita itu tampak benar jika melihat proses start balapan. Start dari pole position, Desmosedici GP23-nya melaju normal. Tapi, saat keluar dari Tikungan 1, jelas tampak ia goyang dan nyaris kehilangan keseimbangan.

Dan, di tikungan selanjutnya terjadilah kecelakaan yang tampak tanpa sebab itu.

"Saya beruntung tak alami luka serius. Kini saya bersiap untuk melakukan apa pun agar bisa tampil akhir pekan ini di Misano," imbuhnya.

Praktis hanya tersedia beberapa hari untuk persiapan ke seri GP San Marino, Misano, pada 8-10 September. 

Seri itu sangat penting bagi Bagnaia seperti halnya para akademika VR46 Riders Academy milik Valentino 'The Doctor' Rossi.

Lokasi sirkuit hanya sekitar 13 km dari rumah Rossi di Tavuilla, yang juga menjadi markas, tempat kongkow dan sarana latihan buat anak-anak VR46.

Sirkuit Misano adalah rumah buat Rossi. Meski sudah pensiun, trek itu masih selalu dipadati penonton dengan atribut VR46.

Enerji itu kini menular ke murid-murid Rossi yang bertarung di kelas Moto3, Moto2 maupun MotoGP macam Bagnaia, Marco Bezzecchi dan Luca Marini (VR46 Ducati) serta Franco Morbidelli (Yamaha).

Retire di Catalunya, posisi Bagnaia masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2023 dengan poin total 260.

Hanya saja keunggulan yang tadinya 66 poin atas Jorge Martin (Spanyol/Pramac Ducati) kini tersisa jadi 50 berkat sukses Martin podium ke-3 di Catalunya. (rn)

 

TERKINI
Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima 6 Langkah yang Wajib Diketahui Ketika Merawat Motor Baru Agar Tampil Glowing dengan Kondisi Prima