Gokart : Baru Latihan 7 Kali, Zebil Langsung Juara 1 Kelas Entry Level Eshak Rok Cup 2023 di Sirkuit Sentul Bogor

Senin, 04/09/2023 14:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Selalu lahir bibit-bibit baru di ajang gokart Sentul. Terbaru, bibit unggul itu bernama M Zendjebil Mulfi (8 tahun) asal Serang, Banten. 

Zebil - begitu sapaan akrabnya - baru 7 kali latihan gokart, namun langsung berhasil menjadi juara 1 kelas Entry Level kejuaraan Eshark Rok Cup 2023 seri 6 di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Minggu (3/9/2023).

Zebil (tengah), di podium juara kelas Entry Level

"Serba dadakan kayak tahu bulat, om. Latihan gokart baru 1 bulan, naik gokart baru 7 kali, langsung ikut event. Alhamdulillah, bisa juara 1. Kita anggap dapat bonus aja bisa langsung P1," ungkap Dedy Mulyana, ayahanda Zebil yang pembalap serbabisa dan pemilik BKJU Racing Team.

Sebagai informasi, Dedy adalah seorang kontraktor dengan bendera BKJU (Banten Kidul Jaya Utama) memiliki passion terhadap motorsport. Selain masih aktif sebagai peslalom nasional, offroad, sprint rally, balap motor kelas Ex-Rider, juga pemilik tim BKJU di ajang balap motor nasional serta kejurnas slalom.

Zebil, balap gokart keinginan sendiri 

Kembali ke laptop. Zebil, putra pertama dari dua bersaudara Dedy Mulyana, minta sendiri pengin balap gokart, seperti yang disampaikan Deddy.  

"Kebetulan saya punya tim balap mobil dan punya entrant, jadi saya pakai tim sendiri, BKJU, untuk Zebil di Eshark Rok Cup kemarin. Coachnya ya saya sendiri, saya mentorin sendiri Zebil. Sesi demi sesi saya benerin racing linenya," beber Dedy.

Perjalanan Zebil hingga bisa P1 di kelas Entry Level, kemarin dimulai dari tercepat sesi QTT, Warm Up, kedua di Heat, kedua Prefinal, dan kesatu di sesi Final.  

Darah balap turun dari papahnya yang pembalap serbabisa

Setelah ini, apa langkah ke depan untuk Zebil?

"Zebil ini masih pemula banget di gokart. Langkah ke depan, ya akan berusaha lebin banyak latihan agar di event berikutnya bisa lebih baik lagi. Ini kan baru awal, makanya turun di kelas Entry Level," lanjut Dedy.

Namun untuk program latihan tersebut, Zebil terbentur aktivitas sekolahnya. Saat ini, Zebil sekolah di SD Al Azhar 10 Serang, Banten.

Zebil bersama kedua orang tua, adik dan kru BKJU Racing Team

"Jadi latihannya kurang. Hanya bisa di Sabtu dan Minggu. Itu pun kalau di sirkuit Sentul kecil lagi tidak ada event," imbuh Deddy, manajer tim balap motor Banten ke PON XX Papua, Oktober 2021.  

Zebil memang menuruni darah balap dari sang ayah. Pada usia 3 tahun sudah main pushbike. Lalu, usia 5 tahun, main MiniGP. Saat 6 tahun, main motocros, 7 tahun tidak ada kegiatan. Namun di usia 8 tahun, minta balap gokart.

Sejak kecil sudah mengenal motorsport karena sang ayah

Target berikutnya?

"Untuk menambah jam terbang, targetnya mau coba bawa Zebil balap gokart di Malaysia dan Thailand. Tentu kalau secara basic, sudah kuat. Makin cepat makin bagus. Support Zebil ya, om," pungkas Dedy Mulyana sembari tersenyum ramah. (bs) 

 

 

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2