MotoGP 2023 San Marino: Gagal Gaet Dovizioso dan Lorenzo, LCR Honda Dapuk Takahashi Gantikan Alex Rins

Rabu, 06/09/2023 21:03 WIB

mobilinanews (Italia) - Tak hanya prestasi yang miris. Stok pembalap pun ikut krisis di Honda. Tak ada pilihan, tester berusia 33 tahun pun terpaksa dipasang sebagai pengganti Alex Rins (LCR Honda) di GP San Marino, Misano, 7-10 September.

Rins, satu-satunya joki Honda yang meraih kemenangan tahun ini (di GP Amerika), masih dalam perawatan sejak kecelakaan di GP Italia silam. Sebelum ini Iker Lecuona (Spanyol) menjadi penggantinya di 3 seri balapan.

Sayangnya, mantan pembalap KTM di MotoGP itu tak bisa jadi pengganti di San Marino pekan ini. Jadwalnya bentrok dengan seri WSBK di Prancis di mana ia jadi lembalap regular tim Honda.

Test rider Honda Stefan Bradl (Jerman) pun tak bisa tampil sebagai pengganti karena ia sudah dijadwal tampil di San Marino lewat jalur wild card.

Team owner LCR Honda Lucio Cecchinello mengaku sempat mengontak rekan senegaranya, Andrea Dovizioso, untuk tampil di San Marino. Bahkan Andrea Iannone dan Jorge Lorenzo pun sempat dicoba. Sayang, semuanya gagal dan tak disebutkan alasannya.

Tak ada pilihan lagi, Honda pun memasang Takumi Takahashi untuk jadi pengganti. Pembalap Jepang berusia 33 tahun itu adalah tester resmi HRC di Jepang dan bulan lalu jadi juara enduro Suzuka 8 Hours. Ini kali keduanya tampil di MotoGP setelah yang pertama pada GP Jepang  2015 lewat wild card.

Meski begitu Takahashi tidak akan disertakan Honda dalam tes resmi  Misano usai GP San Marino. Ia harus balik ke program utamanya di kejurnas superbike Jepang.

Sejak awal slot tes itu disiapkan untuk rider Jepang lainnya, Tetsuta Nakasgima, dan Honda tak ingin mengubahnya secara mendadak. (rn)

 

TERKINI
Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu Pembalap Honda Alex Palou Puncaku Klasemen IndyCar Series 2024 Jelang Series Historis Indy 500 di Indianapolis