WRC 2023 Acropolis: Tinggal 3 Putaran, Kalle Rovanpera Songsong Gelar Dunia Kali Kedua

Senin, 11/09/2023 01:18 WIB

mobilinanews (Yunani) - Saat sangat berharap menang di home rally-nya, Rally Finlandia, Kalle Rovanpera justru terpental bersama Yaris GR Rally1-nya dan retire. Saat ingin bermain aman di Rally Acropolis, 7-10 September, ia malah beruntung jadi pemenang.

Lucky factor lagi-lagi jadi penentu di arena balap. Di Finlandia, perally Inggris Elfyn Evans membuka kembali peluangnya tarung berebut gelar 2023 setelah Rovanpera keluar gelanggang dan pulang tanpa poin. Kedua driver tim Toyota Gazoo Racing ini memang bersaing di posisi 1 dan 2 klasemen WRC 2023.

Di Rally Acropolis, gantian Rovanpera yang dapat 'durian jatuh'. Ia cenderung memilih main aman dengan cara tidak ngotot melawan joki Toyota Gazoo Racing lainnya, Sebastien Ogier, perally senior dengan koleksi 8 gelar juara dunia WRC. Yang penting bagi juara dunia 2022 dan kini baru berusia 22 tahun itu adalah finish di depan Evans.

Apa mau dikata kalau kali ini keberuntungan memang buat Rovanpera. Thierry Neuville (Hyundai) dan Ogier yang saling mengalahkan dan bergantian memimpin kejuaraan sementara mendadak tertimpa bencana yang justru jadi keberuntungan Rovanpera.

Neuville dan Ogier menjadi korban ganasnya trek gravel Acropolis. Batu-batu besar yang tersembunyi di bawah lintasan jadi masalah. Keduanya harus keluar arena karena sebab yang sama. Kerusakan suspensi mobil akibat menghantam batu.

Keduanya juga pensiun saat berada di P1 kejuaraan sementara. Neuville apes di SS10, sedangkan Ogier di SS12 yang menjadi SS terakhir pada sesi Sabtu.

Tanpa Neuville dan Ogier, tugas Rovanpera dalam SS13, 14 dan 15 pada Minggu (10/9) menjadi sedikit lebih mudah. Hanya perlu menjaga keunggulan waktu atas Evans yang akhirnya ia kalahkan dengan jarak 1 menit 37 detik di garis finish.

Rovanpera juga sukses mendapuk bonus 5 poin dari Power Stage. Membuatnya kini kembali menjauh dari Evans di kejuaraan dunia 2023 dengan keunggulan 33 poin. Jumlah signifikan karena seri WRC 2023 tinggal 3 putaran.

"Setelah musibah di Finlandia, hasil di sini sangat melegakan. Sesuai rencana kami berhasil mengembalikan beberapa poin penting yang hilang di Finlandia," kata Rovanpera, pemegang rekor juara dunia termuda sepanjang sejarah WRC.

Seri berikut WRC berlangsung di Chile, Amerika Selatan, pada 27 September hingga 1 Oktober. Hanya Evans yang bisa menghadang Rovanpera melanjutkan dominasinya di WRC saat ini. Jika kalah lagi, maka itulah saatnya Evans perlu hanya fokus mempertahankan posisi runner up kejuaraan dunia 2023.

Neuville sendiri masih berada di 3 Besar klasemen dengan poin 134. Kalah 66 angka dari Rovanpera dan hanya keajaiban yang bisa membawanya meraih gelar musim ini. Namun masih ada kesempatan berebut gelar runner up meski tertinggal 33 poin dari Evans.  (rn)

 

TERKINI
Renault Alihkan Fokus Pengembangan Otonom ke Bus Tanpa Pengemudi Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu