Porsche dan Audi Recall 6 Ribuan Mobil Listrik Akibat Kebocoran Baterai

Selasa, 12/09/2023 12:15 WIB


mobilinanews (Jakarta) - Audi dan Porsche bakal menarik kembali 6.676 kendaraan listrik karena potensi risiko kebakaran.

Inti masalah pada mobil ini adalah kemungkinan kebocoran di dalam baterai yang dapat menyebabkan percikan api dan peristiwa termal.

Dengan itu, Audi dan Porsche berencana meminta dealer memeriksa setiap mobil dan kemudian melakukan tindakan cepat untuk mengganti seluruh baterai jika diperlukan.

Menurut Porsche, masalah ini pertama kali diketahui pada tahun 2022 karena adanya laporan “pengurangan nilai isolasi” pada beberapa baterai Porsche Taycan.

Dalam beberapa kasus, intrusi cairan ke dalam baterai adalah penyebab utamanya. Pada bulan September 2022, mereka memasukkan sealant Teroson ke dalam produksi baterai di pemasok untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada bulan Maret, Porsche menerima kabar bahwa beberapa mobil di luar pasar AS masih mengalami masalah intrusi cairan meskipun telah dipasangi penutup Teroson.

Saat mereka menyelidiki masalah ini, mereka mengubah protokol produksi baterai untuk menyertakan sealant Teroson yang ditingkatkan pada bulan Mei. Sejak saat itu, semakin banyak laporan yang diterima tentang nilai resistansi rendah dan masuknya cairan ke dalam baterai.

Sekarang, mereka menarik 4.777 Taycan, semuanya dari model tahun 2023 dan dalam setiap model bodi. Selain itu, Audi juga menarik kembali 1.899 model e-tron GT dan RS e-tron GT, sekali lagi, hanya dari model tahun 2023.

Selain itu, para otoritas produsen mengatakan bahwa mereka menduga hanya tiga persen dari total 6.676 kendaraan (sekitar 200 mobil) yang benar-benar mengalami masalah. Menariknya, perusahaan menyebut hal ini sebagai penarikan global.

Solusinya, dealer akan memeriksa mobil dan secara khusus menguji masuknya cairan ke dalam baterai. Jika pengujian menunjukkan potensi kebocoran, baterai akan diganti.

Selanjutnya, perusahaan tersebut melaporkan tidak ada kejadian lapangan di pasar AS yang melibatkan kebakaran, cedera, atau kematian.

Untuk itu, pemilik dapat menghubungi dealer setempat atau NHTSA untuk mengonfirmasi apakah mobil mereka disertakan atau tidak.

Selain itu, mobil ini memiliki sistem peringatan bawaan jika mengalami penurunan nilai resistansi isolasi, maka ada signal berupa lampu kuning akan muncul di dasbor, dan jika nilai tersebut terus turun, lampu peringatan merah akan muncul.

TERKINI
Awas! Menyemprot Bagian Dalam Mesin Dengan Angin Kompresor Ternyata Dapat Berbahaya Untuk Motor MotoGP 2024: Demi Kursi di Tim Pabrikan Ducati, Marc Marquez Rela Korbankan 5 Sponsor Setianya Perkuat Layanan, Chery Buka Diler Baru di Jalan Veteran Makassar Sulawesi Selatan Dukung Kemajuan SDM Siswa, Auto2000 Edukasi Pelajar SMK Tentang Mobil Listrik