MotoGP 2023: 4 Murid Valentino Rossi Bersatu di Keluarga Besar Ducati

Senin, 18/09/2023 23:09 WIB

mobilinanews (Italia) - Dua bulan menjadi isu, akhirnya Franco Morbidelli (Italia/Yamaha) resmi menjadi rider Ducati 2024 lewat tim Pramac Ducati. Berpasangan dengan Jorge Martin (Spanyol).

Kepastian itu disampaikan bos Pramac Ducati Paolo Campinoti lewat rilis resmi pada hari ini, Senin (18/9). Tak tegas  disebutkan durasi kontraknya, tapi dari paparan Campinoti sepertinya berlaku untuk 2024 dengan opsi perpanjangan.

Morbidelli menggantikan posisi Johann Zarco yang pindah ke LCR Honda gantikan Alex Rins yang sudah lebih dulu teken kontrak dengan Yamaha mrnggantikan Morbidelli.

Morbidelli adalah runner up MotoGP 2020 di bawah juara dunia Joan Mir (saat itu di Suzuki) saat bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha. Tahun berikutnya ia berpasangan dengan Rossi dalam tim tersebut sebekum akhirnya naik ke tim pabrikan Yamaha menggantikan Maverick Vinales.

Sayang, selama berpasangan kembali dengan Fabio Quartararo (satu tim di Petronas Yamaha), performa juara dunia Moto2 2017 menurun drastis akibat cidera berkepanjangan.

Masuknya Morbidelli ke Ducati, berarti 4 murid Rossi jebolan VR46 Academy semuanya kini bersatu dalam pabtikan Italia itu. Tiga lainnya adalah Francesco Bagnaia (tim utama Ducati) dan duet Luca Marini dan Marco Bezzecchi di VR46 Ducati.

Sukses Morbidelli meraih kursi premium dengan motor spek pabrikan di Pramac,  disebut-sebut tak lepas dari campur tangan Rossi. Sesungguhnya Ducati mengincar Bezzecchi yang juga berminat mendapatkan motor pabrikan. Tapi Rossi bisa meyakinkan Bezzecchi untuk bertahan di VR46 dengan 2 tujuan.

Pertama adalah menyiapkan Bezzecchi promosi ke tim pabrikan 2025, berpasangan dengan Bagnaia. Yang diincar adalah posisi Enea Bastianini, yang meski Italiano juga namun bukan dari kelompok VR46.

Yang kedua, dengan menahan Bezzecchi maka itu adalah jalan terbuka buat Morbidelli ke Pramac Ducati.

"Saya senang Franco bergabung dalam keluarga kami. Ia sudah terbukti bermental juara. Saya yakin, bersama tim kami ia akan menemukan cara kembali ke posisi di mana seharusnya ia berada," kata Campinoti.

Tokoh pembaharu Ducati di MotoGP, Luigi Dall'Igna, pun menyambut gabungnya Morbidelli di keluarga besar Ducati.

"Franco akan dapat motor Desmosedici GP24. Kami akan berikan support dan saya yakin dengan talenta dan pengalamannya ia bisa memperlihatkan potensi sesungguhnya. Saya tak sabar memulai petualangan kami bersama tahun depan," ucap General Manager Ducati Corse itu. (rn)

 

 

 

 

TERKINI
Mengenal Sea Lion 07 yang Resmi Diluncurkan, SUV Revolusioner dari BYD dengan Teknologi Canggih Trump Berjanji Membatalkan Aturan Promosi Kendaraan Listrik Biden Mazda CX-5: Eksklusivitas dan Keunggulan dalam Sebuah SUV, Bikin Brand Korea Minder Hyundai Motor Indonesia Gelar Program Roda Keberuntungan, 12 Unit Mobil Listrik IONIQ6 Hadiahnya