Makin Diminati, Eshark Dapur Cokelat Touring Championship Gunakan Ban Lokal dan Ajang Debut Pembalap

Kamis, 21/09/2023 15:08 WIB

mobilinanews (Bogor) - Slot balap Eshark Dapur Cokelat Touring Championship (EDCTC) tak pelak menjadi destinasi baru bagi para pembalap. Sejumlah nama baru, atau pembalap baru muka lama serta yang mobilnya lama di garasi akhirnya dipakai turun balap di EDCTC.

Sebanyak 20 pembalap ikutan di EDCTC pada seri 4 Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (17/9/2023). 

Sejumlah nama baru yang debut di EDCTC seperti Syaukat Takuma Soejatmo, merupakan putra pembalap senior Sunny Soejatmo, Muhammad Basyuni (RRT Project), H Donny Damara, Romy Tahrizi, M Rizky Padila hingga Aris F Harvenda (Sejahtera Abadi BIGAPSpeed X RR Racing).

Sedangkan muka lama yang muncul lagi, seperti Irvan Fauzi, M Herdy, Reyno Romein hingga Sektiyo Hamiseno.

Dari kiri M Rizki Padila, Aris "Jambul" Harvenda dan H Donny Damara di podium juara EDCTC

"Terus terang, sudah banyak yang menghubungi kami untuk ikutan di Eshark Dapur Cokelat Touring Championship. Bahkan pembalap dari brand yang berbeda dengan yang ada sekarang. Insyaallah, pada seri 5 ISSOM mendatang pembalap menggunakan mobil brand lain ikutan," ungkap Faris Lutfi, Event Director sekaligus merangkap Race Director kepada mobilinanews.

Daya tarik EDCTC tentu saja karena menjadi kelas balap mobil yang murah dan mudah dijangkau. Salah satunya, peserta menggunakan ban sama (one make tyre) dari GT Radial varian Champiro SX2 yang harga per unitnya di bawah Rp 1 juta. 

"Meski relatif terjangkau (murah), Champiro SX2 juga dikenal andal untuk balap. Dan terkait ban ini, kami tak beda-bedakan, selain secara fair belinya di orgaziner, masa produksinya sama dan boleh pilih sendiri ban tersebut," terang Lutfi. 

Faris Lutfi, event director EDCTC. (foto : bs)

Beberapa pembalap juga tampak menggunakan Honda Brio maupun Honda Jazz varian lama yang selama ini mengonggok ngangur di garasi atau di bengkel, mulai dipakai ikut balap di EDCTC.

Selain itu, juga dibuka kelas Kejurda IMI Jawa Barat 2023, yang juaranya selain mendapatkan trofi dan hadiah uang per seri, juga dianugerahi sebagai pembalap terbaik di malam apresiasi IMI Award 2023.   

Aris "Jambul" Harvenda yang jurnalis Kompas.com pun, akhirnya bisa mewujudkan obsesinya naik podium sebagai juara 1 balap mobil, juga di EDCTC

Selamat ya bro, Jambul. (budsan) 

Hasil Lomba :

 

TERKINI
Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor MotoGP 2024 Prancis: Rivalitas Marquez Versus Martin Lanjut ke Barcelona, Penentuan Siapa ke Tim Pabrikan Ducati Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal