F1 2023 Jepang: AlphaTauri Pertahankan Ricciardo, Satu Seat Lagi Diperebutkan 3 Driver Muda

Sabtu, 23/09/2023 14:02 WIB

mobilinanews (Jepang) - Dalam sepekan ini 5 pembalap memperpanjang kontrak ke musim 2024. Termasuk driver senior Daniel Ricciardo (Australia/AlphaTauri).

Diawali oleh pembalap Australia lainnya, Oscar Piastri, yang perpanjangan kontraknya di tim McLaren bikin heboh. Soalnya pembalap ruki itu diikat kontrak jangka panjang hingga akhir musim 2026. 

Bos McLaren Zak Brown bilang, itu adalah langkah pengamanan agar juara dunia F2 2021 ini  tidak diserobot tim lain. Tujuan lain adalah agar Piastri nyaman dan bisa fokus pada tujuan membawa kembali McLaren ke level atas kompetisi F1, bahu-membahu bersama Lando Norris (Inggris). 

Setelah itu 4 pembalap lain menyusul teken kontrak baru di sela-sela GP Jepang. Alfa Romeo mempertahankan duet Valtteri Bottas (Finlandia) dan Zhow Guanyu (China) ke musim depan.

Kepastian Guanyu di 2024 menjadi daya tarik tersendiri. Satu-satunya pembalap China di F1 ini pada akhirnya akan bisa tampil sebagai local hero di GP China tahun depan, melepaskan dahaga fans China yang sejak Covid-19 2020 tidak menjadi penyelenggara. 

"Tak ada perubahan regulasi teknis tahun depan. Mempertahankan line up pembalap saat ini menjadi langkah terbaik," tutur petinggi tim lewat rilis.

Terbaru adalah pengumuman AlphaTauri mempertahankan duet Ricciardo dan Yuki Tsunoda (Jepang). Tim yunior Red Bull Racing ini merasa terbantu oleh pengalaman dan pemahaman Ricciardo untuk memberikan feedback kepada para insinyur AlphaTauri.

Ricciardo yang sejak awal tahun ini menjadi pembalap ketiga Red Bull Racing, menjadi driver regular AlphaTauri dinlertengahan musim 2023 saat menggantikan Nyck de Vries (Belanda) yang dipecat RBR di tengah jalan. Sayang, ia harus jadi penonton dalam lima race terakhir akibat celaka dan patah tulang tangan.

"Tak sabar untuk kembali ke trek. Banyak pekerjaan yang harus disiapkan. Menarik menunggu 2024 karena tim menyiapkan sejumlah part baru dan kami berada pada arah yang tepat," ujar Ricciardo yang tetap saja dianggap sebagai pembalap yang dicadangkan Red Bull untuk berpasangan kembali dengan Max Verstappen.

Kepastian 5 pembalap ini ke 2024 berarti sudah 19 dari 20 posisi grid yang terisi pasti. Tinggal 1 kursi sisa di tim Williams dengan asumsi Logan Sargeant (AS) akan didepak.

Ada tiga driver muda yang berebut kursi tunggal itu. Mereka adalah Mick Schumacher yang saat ini jadi pembalap cadangan di tim Mercedes, Liam Lawson (Selandia Baru, pembalap cadangan RBR yang menggantikan Ricciardo di AlphaTauri kala cidera) dan Felipe Drugovich (Brasil, pembalap cadangan Aston Martin).

Ketiganya tentu punya plus dan minus dan menarik jadi artikel tersendiri. Terlebih karena disinyalir ada faktor setoran jutaan USD di sini.(rn)

TERKINI