Danau Toba Rally 2023 : Sempat Pecah Ban, Dypo Fitra dan Co-Driver Edwin Nasution Sukses Raih Trofi P4

Minggu, 24/09/2023 19:08 WIB

mobilinanews (Simalungun) - Setelah menjuarai kelas STCR 3600 FFA di Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2023 seri 4 di Sentul International Circuit, Bogor, Minggu (17/9/2023), Dypo Fitra kembali naik podium juara. Kali ini pada event rally, APRC Rally Asia Cup Danau Toba 2023 yang berakhir hari ini.

Iya, Dypo naik podium sebagai juara 4 Kelas M1, juara 5 Kejuaraan Umum dan juara 6 APRC Rally Asia Cup round 5 di Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, Sabtu - Minggu (23-24/9/2023).

Ini prestasi terbaik Dypo yang mulai merambah ajang rally musim lalu. Rasa senang dan puas tampak dari binar wajah Dypo yang juga seorang pengusaha itu dengan menebar senyum saat ceremonial finish Minggu sore tadi.

Ford Fiesta Rally 2 andalan Dypo Fitra di ajang Rally dan Sprint Rally

"Alhamdulillah, mendapatkan hasil sesuai target. Bahkan kalau saya sendiri melebihi, karena target saya sebenarnya bisa masuk top 10, mengingat pesaingnya jago-jago dan lintasan rally di kawasan Danau Toba kali ini cukup berat akibat diguyur hujan yang terus menerus," ujar Dypo kepada mobilinanews.

Sebagai new comer di ajang rally, pilihan Dypo memang langsung di kelas utama yakni M1, di mana bertengger para dedengkot rally seperti Sean Gelael, Ricardo Gelael, Musa "Ijeck" Rajechsah, H Rahmat Ame, H Rihans Variza, Ryan Nirwan dan lain-lain.

Mobil yang digunakan, Ford Fiesta WRC Rally 2 juga terbilang canggih, banyak fitur, setir kiri, kencang dan kompetitif. Sehingga Dypo memilih learning by doing (belajar sambil jalan) dan semakin banyak fitur yang telah dieksplore dari mobil rallynya itu. 

Namun Edwin "Camat" Nasution, co-driver senior berpengalaman yang mulai mendampingi Dypo di Kejurnas Sprint Rally 2023 seri 4 di GBLA Gedebage Bandung 2 pekan lalu, tersenyum saat ditanya target di Danau Toba Rally. "Insyaallah, bisa masuk top 5," yakin Edwin Camat, sapaan akrabnya.

Dypo Fitra dan Edwin Camat di ceremonial finish Danau Toba Rally 2023

Alasannya, secara skill menyetir Dypo sudah sangat oke. "Hanya mungkin perlu sedikit penyesuaian, dari biasa di aspal ke gravel. Terutama pada breaking point. Selebihnya, begini," ucap Edwin sambil memamerkan jempol kanannya. 

Benar juga, setelah berdiskusi antara driver dan co-driver, sepakat untuk bermain rapi karena trek sangat licin dan banyak turunan.

"Meski begitu, di lintasan rally, semua bisa berubah tergantung kondisi yang ada. Kami akhirnya main maksimal, dan bahkan sempat pecah ban di SS7. Alhamdulillah dapatkan finish ke 5 Kejurnas, ke-4 kelas M1 dan ke-6 APRC. Semua hasil ini berkat kerja sama dan kekompakan tim, di Delta Garage Racing Team," sebut Edwin. (bs)

 

TERKINI
Spesifikasi Harley Davidson Heritage Classic 144 Terbaru 2024 Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Pernyataan Resmi Chery Indonesia, 420 Unit OMODA 5 Alami Masalah! Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang