Danau Toba Rally 2023 : Setir "Brio WRC" Bermasalah, H Achmad Deden Bersyukur Bisa Raih Juara 3 Kelas F1

Minggu, 24/09/2023 21:08 WIB

mobilinanews (Simalungun) - Setelah bermain cemerlang dan menjadi yang tercepat di antara perally kelas F1, perally H Achmad Deden menjadi salah satu korban dari "keganasan" trek Danau Toba Rally 2023 di kawasan Simalungun, Sumatra Utara, hari ini.

Mencoba memaksimalkan "Brio WRC" untuk melaju ke depan, namun justru berhenti di SS (Special Stage) 8.

"Mengalami problem setir. Ada bagian part yang lepas, dan sempat nabrak pohon," ungkap Achmad Deden kepada mobilinanews.

H Achmad Deden dan Ferrel Haiqal di podium juara 3 kelas F1

Dalam kondisi mobil pincang, Haji Achmad Deden dengan co-driver Ferrel Haiqal Ramadhan akhirnya bisa membawa "Brio WRC" ke parc ferme. "Dan alhamdulillah masih bisa di posisi 3 kelas F1," lanjutnya.

Perally yang seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat ini menyebutkan bahwa trek di Danau Toba Rally 2023 ini sangat berat, akibat guyuran hujan sebelum event dimulai.

"Meski telah dipotong karena medannya terlalu berat, namun karena berstatus FIA APRC kemudian SSnya ditambah dari 8 menjadi 9 untuk memenuhi panjang sesuai status event," terang Haji Deden.

Secara khusus, Haji Deden menyoroti banyak perally rontok - minimal pecah ban - karena batu-batu yang bertebaran cukup besar berada di tengah Special Stage. 

Brio WRC in action

"Salah satu korbannya ya, "Brio WRC" ini, dengan rack setirnya bengkok dan akhirnya melorot ke posisi tiga," pungkas Haji Achmad Deden.

Sebelumnya, di SS 1 hari Sabtu, "Brio WRC" juga mengalami masalah pada dastek yang error.

"Akibatnya, "Brio WRC" sempat berhenti 2 kali pas lagi di trek lurus. Jadi mesin cut off trus, saya nyalain lagi, untung bisa. Dan, itu, memang serunya rally hehe," tutur H Deden, perally andalan SWM Motorsport.

Penampilan "Brio WRC" di FIA APRC Rally Asia Cup Danau Toba 2023 didukung oleh North Australian Cattle Company, Restaurant Khas Jepang Jiro Ijakaya Club, Jiro Jalan Gudang Selatan no 22 Bandung, Potalava Snack Original Artisan Crafted, Gloss Perfect, dan BBMC Racing Division. (bs)

 

 

TERKINI