Tak Ingin Celaka, Ketahui Ciri-Ciri Komstir Bermasalah Pada Motor Anda

Selasa, 26/09/2023 01:27 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Komstir atau steering head adalah komponen paling penting pada setang motor. Komponen ini tidak dapat diabaikan. Masalah padanya berarti keselamatan dan kenyamanan pemotor praktis terganggu.

Pentingnya komponen itu membuatnya tidak boleh terdampak masalah parah. Jika tidak, Jika terjadi masalah sebaiknya langsung diperbaiki atau menggantinya.

Untuk mengetahui apakah komstir motor bermasalah atau tidak, biasanya dapat dirasakan saat berjalan lurus dan belok, akan terasa tidak nyaman pada bagian setang motor.

Berikut tanda-tanda komstir motor bermasalah yang wajib tahu yang dilansir melalui berbagai sumber.

1. Setang motor berat

Tanda komstir bermasalah pertama yaitu setang motor terasa berat saat melakukan manuver atau berbelok. Bahkan sering juga bagian ini terasa begitu kaku.

2. Setang motor bersuara

Tanda yang perlu diperhatikan lainya suara pada bagian sektor setang, khususnya saat berkendara di jalan yang berlobang atau saat menekan rem mendadak.

Dari situ Anda akan merasa kehilangan keseimbangan pada komstir yang mengakibatkan dudukan setang terasa oblak.

3. Setang motor tidak seimbang

Tanda liannya yang terasa adalah ketika Anda akan berbelok dan setang sulit dikendalikan serta melawan.

4. Rem motor terasa blong

Tanda ini juga salah satu komstir motor bermasalah, rem depan akan terasa tidak pakem. Dikarenakan membuat adanya jarak pengereman berubah.

5. Setang motor getar

Tanda ini dapat dirasakan saat berkendara dengan kecepatan tinggi, Anda akan merasakan getaran pada setang motor.

Umumnya, getaran ini dapat dirasakan seluruh badan dan Getaran tersebut berbeda dengan getaran yang diakibatkan oleh masalah pada pelek. (erwin)

TERKINI
Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Saing Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024