Renault Meluncurkan Mobil Pertama Di 2016 Setelah Berpisah Dengan Lotus

Rabu, 03/02/2016 23:14 WIB

mobilinanews (Perancis) - Renault meluncurkan mobil terbaru mereka hari Rabu ini (03/02) di Technocenter, Paris,  Perancis.
Pabrikan ini menamai mobil baru mereka dengan nama RS16. Pabrikan asal Perancis itu kembali ke F1 setelah membeli tim F1 Lotus yang notabene kurang sukses prestasinya tahun lalu. Ini adalah kembalinya  sejak tampil terakhir kali pada musim balap 2011.

CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn mengungkapkan seperti dikutip Autosport. "Tim ini siap menggapai podium selama 3 tahun," ujar Carlos.

Memang tidak muluk-muluk tujuannya karena Infiniti, merek premium milik Nissan juga menyeponsori tim yang berubah nama menjadi Renault Sport F1 team ini. Infiniti sebelumnya mensponsori Red Bull Racing F1.

Untuk sponsor lain yang memenuhi badan mobil lainnya adalah Jack & Jones, Total, EMC dan Microsoft. Mobil ini berlabur warna hitam yang sedikit unsur warna kuning di beberapa bagian.

Sedangkan untuk pebalap utamanya, sudah disiapkan Joylon Palmer dan Kevin Magnussen. Sedangkan untuk tester adalah Esteban Ocon. Joylon Palmer sendiri merupakan juara GP2 tahun 2014 dan pernah jadi tester untuk Lotus F1 pada 2015.

Kevin yang merupakan anak dari mantan pebalap F1, Jan Magnussen yang berlaga di Weathertech Sportcar dengan Corvette ini adalah mantan pebalap Mclaren yang mengikuti balap F1 pada 2014.

Ia menempati posisi ke-11 pada klasemen akhir dengan pencapaian terbaiknya adalah podium kedua pada seri Australia. Pada 2015, ia hanya menjadi tester untuk tim yang sama. Sementara, Tim Principal akan dipegang oleh  Frederic Vasseur yang dulu menangani ART Grand Prix.

Renault Sport F1 Team pernah memenangkan 35 balapan, 51 pole position dan 2 kali juara dunia. Sedangkan sebagai pemasok mesin,mereka meraih 133 kali kemenangan dan 9 kali juara dunia.

Pabrikan ini tetap menyuplai mesin ke Red Bull Racing, hanya saja Red Bull membangun mesinnya berada di tangan TAG Heuer yang merupakan perusahan pembuat alroji.

Sayangnya,Toro Rosso tidak menggunakan mesin ini untuk tahun 2016. Sebagai gantinya mereka akan menggunakan mesin Ferrari. (Teks Berto Pramadya)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh