Modifikasi Audio Mobil Listrik, Cartens Audio Sarankan Hal Penting Ini!

Kamis, 28/09/2023 00:18 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Cartens Audio Jakarta memperkenalkan "Sound Redefined", sistem audio yang dikembangkan khusus untuk mobil listrik dan mobil hybrid. "Sound Redfined" ini sudah diaplikasikan di KIA EV6, Hyundai IONIQ 5 dan Toyota Kijang INNOVA ZENIX Hybrid.

KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5 menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang perangkat audio sistemnya menggunakan merek aftermarket seperti Alpine, FOCAL dan GroundZero.

Diakuinya, proses modifikasi atau upgrade sistem audio di mobil listrik memang penuh tantangan dan tidak semudah seperti melakukannya di mobil konvensional. Untuk itu menurut Eddie, harus diserahkan kepada ahlinya.

"Untuk mobil berbasis EV memang banyak kekhawatiran dari para pemilik mobil, kalau dimodifikasi akan mempengaruhi sistem kelistrikan di mobil. Apalagi jika harus mengganti sistem audionya dengan menggunakan produk audio aftermarket, akan mengurangi kemampuan baterai sehingga range atau jarak tempuh mobil juga berkurang," terang pemilik Bengkel Cartens, Eddie Soesanto di Jakarta.

Ia menyarankan kepada pemilik mobil listrik untuk menyerahkan hal ini kepada audio workshop yang ahli dan profesional. Sebagai penggiat industri modifikasi audio mobil dan peredaman suara, kami sudah berpengalaman selama 21 tahun.

"Kami selalu berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan inovasi di bidang modifikasi audio mobil dan peredaman suara, baik itu untuk mobil konvensional maupun untuk electric vehicle," tegasnya.

Menurutnya, hasil modifikasi audio Cartens Audio Jakarta di Hyundai IONIQ 5 yang diperkenalkan tahun lalu sampai saat ini masih berfungsi dengan baik dan tetap aman tanpa adanya gangguan teknis dari sisi kelistrikan mobil. Data tersebut juga valid karena sudah dicek langsung oleh teknisi Hyundai.

Mengakhiri penjelasannya, Eddie sedikit memberikan saran bagi para pemilik mobil listrik yang bermaksud untuk melakukan upgrade audio.

Berdasarkan hasil pengecekan kami, beberapa mobil EV masih menggunakan baterai low voltage untuk mendukung pemakaian aksesoris seperti DC Lighter, Starter Switch dan beberapa aksesoris lainnya seperti display dan head unit.

"Untuk keamanan instalasi tambahan di sistem audio mobil, kami sarankan untuk menggunakan power supply tambahan yang dilengkapi super capacitor, aksesoris baterai lithium, dan hal yang paling wajib adalah menggunakan fuse (sekring) master dan eksternal untuk semua kabel audio tambahan saat pemasangan," pungkasnya.(erwin)

 

 

 

TERKINI
NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE, Sebuah Ekosistem Fashion dan Teknologi OMODA untuk Kemajuan Dunia Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza