Pedro Acosta Dipromosikan KTM ke MotoGP, Augusto Fernandez Jadi Korban Dikembalikan ke GasGas Tech3

Selasa, 03/10/2023 01:01 WIB

mobilinanews (Austria) - Berbulan-bulan petinggi KTM mencari solusi mengamankan Pedro Acosta sebagai aset masa depan, akhirnya dapat solusi dengan mengorbankan rider muda lainnya, Augusto Fernandez di tim GasGas Tech3.

Belum resmi, tapi kesepakatan kontrak antara KTM Motorsport dengan Acosta sudah diteken pada Senin, 2 Oktober 2023, dan tinggal pengumuman resmi. 

Kesepakatan itu pertama kali diungkap media super7moto mengutip sumber internal KTM yang kemudian dipetik media motorsport lainnya.

Media itu memastikan deal telah terjadi dengan skenario peran Fernandez digeser jadi test rider sekaligus pembalap cadangan. Ia diberi jatah wikd card minimal 6 kali pada musim depan.

Pol Espargaro dipertahankan tak lain karena perannya yang vital dalam proses pengembangan motor.

Mantan joki KTM dan Honda itu juga bisa menjadi pembimbing Acosta dalam tim Gas-Gas Tech3. Ini adalah tim satelit KTM meski terdaftar sebagai tim pabrikan Gas-Gas, brand motor Spanyol yang sudah diakuisisi oleh KTM.

Acosta, kelahiran Spanyol 25 Mei 2004 (19 tahun) adalah rider muda binaan KTM dan Red Bull yang saat sama menjadi aset masa depan Red Bull KTM. Ia juara dunia Moto3 2021 dalam usia 17 tahun dengan catatan 14 kali podium dalam 18 seri balap, 6 diantaranya sebagai juara.

Sejak 2022 ia berlaga di ajang Moto2 dan pada musim 2023 ini pemimpin klasemen sementara dan favorit terjuat jadi juara dunia.

Dua musim di Moto2, Acosta sudah lama menegaskan hasratnya naik ke level MotoGP. Tak ingin jagoan mudanya dicaplok pesaing, KTM Motorsport pun ajukan permohonan membangun tim baru untuk menampung namun opsi ini ditolak Dorna Sports. 

Beberapa bulan terakhir, KTM pun sibuk mengutak-atik line up pembalapnya dengan pertimbangan siapa yang harus digeser agar Acosta punya tempat. Tiga nama disortir antara Jack Miller, Pol dan Fernandez. Dan, akhirnya Fernandez yang harus dikorbankan.

Namun, skenario lanjutan sudah menanti. Acosta hanya semusim belajar lewat Gas-Gas untuk selanjutnya naik ke tim utama KTM pada musim 2025, mendampingi Brad Binder. Pada tahap ini Miller yang bakal jadi korban, dan saat sama Fernandez kembali ke kursinya di Gas-Gas Tech3.

Bagi fans yang mengikuti penampilan Acosta di Moto3 dan Moto2, maka aksinya di MotoGP tahun depan pasti jadi penantian menarik dalam usia ke-20-nya. Di Spanyol ia dinobatkan sebagai generasi penerus Marc Marquez di balap motor dunia. (rn)

 

TERKINI
Raih Podium Ganda, Federal Oil Yakin Marc Marquez Makin Pede Berebut Titel Juara Dunia MotoGP 2024 Apresiasi Prestasi Timnas PSSI, Hyundai Berikan Hadiah Hyundai Genesis Electrified G80 Kepada Coach Shin Tae-yong Saling Kejar Poin di Kejurnas Grasstrack Region 4 Putaran 2 Kalimantan Selatan, Ini Dia Jawaranya Astra Honda Motor dan WMS Edukasi Tentang Motor Listrik Kepada Ratusan Pelajar SMK di Jakarta-Tangerang, Tingkatkan Pendidikan Vokasi