Menjajal Wuling Almaz RS Hybrid : Performa Yahud Dan Konsumsi Bahan Bakar Ekonomis

Senin, 02/10/2023 15:38 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Mendapatkan kesempatan untuk menjajal Wuling Almaz RS Hybrid dari Wuling Motors, mobilinanews memanfaatkan untuk dua medan berbeda : jalan protokol tengah kota Jakarta dengan stop and go, dan melibas jalan tol Jagorawi dengan destinasi Sentul International Circuit, Bogor.

Bongsor namun lincah serta irit bahan bakar

Pengetesan sama-sama dilakukan pada weekday (hari kerja, antara jam 13.00 – 15.00 WIB, namun tentu berbeda perlakuannya.

Seperti diketahui, Almaz RS Hybrid ini diklaim lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Berbekal gabungan mesin bensin dan motor listrik, Almaz Hybrid yang meski dengan kapasitas mesin lebih besar yakni 1.999 cc ternyata lebih irit.

Pergerakan penggunaan EV dan konsumsi bahan bakar tertera pada MID

Perjalanan dari Pondok Gede (merupakan daerah perbatasan DKI Jakarta dengan Kota Bekasi), jalanan selalu ada gangguan macet. Maklum saja, daerah pinggiran selalu memiliki ciri khas seperti di atas.

Menyusuri jalan Jatiwaringin, sebelum masuk tol menuju kota Jakarta, Sami mawon. Jalanan tetap diwarnai krodit. Sengaja memilih jalan arteri (samping tol dalkot) untuk merasakan sensasi macet Jakarta.

Nah, saat macet inilah mesin bensin lebih banyak gak aktif. Hanya mode EV (Electric Vehicle) yang aktif, sehingga lebih mengirit bahan bakar.  

Layar entertainment super besar manjakan pengemudi dan penumpang

Perjalanan lebih santai kecepatan rendah, stop and go, dari kawasan Halim Jakarta Timur menuju Senayan Jakarta, memang didominasi penggunaan mode EV. Sekaligus mesin menyala untuk pengisian baterei.

Aktivitas ini bisa dipantau melalui energy monitor di panel meter digital di depan pengemudi di belakang lingkar kemudi.

Meski mode EV mendominasi, namun tetap sangat halus tidak ada hentakan. Torsinya terasa instan, hingga Almaz Hybrid sangat nyaman dipakai berkendara dalam kota. Tercatat di sini, konsumsi bahan bakar mencapai 13,8 km/jam.

Lane keeping assistance, membantu tetap di jalur termasuk parkir

Itu bisa diketahui saat sampai destinasi Parkir Timur, GBK Senayan Jakarta. Di sini, dilakukan sesi pemotretan pada SUV bongsor dari Wuling yang diproduksi di pabrik Cikarang, Kabupaten Bekasi itu.

Keesokan harinya, Almaz Hybrid dilakukan pengetesan dari Pondok Gede menuju Sentul International Circuit Bogor, via jalan tol Jagorawi. Fitur Adaptive Cruise Control diset di kecepatan 100-120 km/jam.

Saat di jalan tol, memang bensin lebih sering aktif untuk mencapai kecepatan yang diset di sistem cruise control. Tentu saja, ini kebalikan dengan kondisi jalan yang macet.

SUV kaya fitur safety dan kenyamanan, harga kompetitif Rp 470 juta

Keluar tol Sentul, langsung memutar untuk kembali menuju tol Jagorawi arah Jakarta. Namun sebelum itu, melakukan isi bensin Pertamax dengan oktaf RON 92 di SPBU, sebelum putbal menuju pintu tol.

Sebelumnya, dilakukan pengecekan di area parkir SPBU, untuk melihat konsumsi bahan bakar ternyata mencapai 16,8 km/jam.

Ban GT Radial membungkus pelek 18 inci

SPEC TEHNIK

Wuling Almaz Hybrid dibekali mesin 1.999 cc, naturally aspirated, 4 cylinders inline, Atkinson cycle. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 123 hp pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 168 Nm pada 4.000-4.400 rpm.

Mesin dikawinkan dengan motor elektrik Permanent Magnet Synchronous bertenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Tenaga disalurkan melalui Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Untuk menyimpan tenaga, Wuling Almaz Hybrid memiliki baterai Ternary lithium-ion (NMC) berkapasitas 1,8 kWh.

Jok mewah dan berkelas premium

FITUR ANDALAN

Fitur sama lengkapnya dengan Almaz RS. Termasuk perintah suara bahasa Indonesia WIND, IoV, panoramic dan sunroof, layar infotainment superbesar vertikal, update sistem OTA (over the air), wireless charging. Sampai AC di baris kedua dan ketiga juga tersaji.

Yang tampil beda, panel meter sudah digital sepenuhnya menggunakan layar TFT. Bisa lihat banyak informasi. Termasuk saat sistem hybrid bekerja. Juga ada simulasi saat ADAS aktif, jadi sensor mendeteksi sejumlah kendaraan depan dan menampilkannya di layar. Ketepatan deteksinya layak diapresiasi.

Aksen biru penanda Almaz Hybrid

Yang baru dari Almaz Hybrid ini setirnya telah menggunakan teleskopik, sehingga bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengemudi. Dan teleskopik ini, menjadi debut pada mobil-mobil Wuling yang beredar di Indonesia. Baru di Almaz Hybrid ini. 

Lainnya adalah pemakaian pelek ring 18, atau satu step lebih besar dari versi standarnya 17 inci. Dengan pelek ukuran ring 18 tersebut, rasanya menambah tampilan Almaz RS Hybrid menjadi lebih gagah dan tidak ada space menganga pada kawasan ban dan spatbor. 

Secara total, bobot Almaz Hybrid ketambahan 90 kg, karena menggunakan mesin dan transmisi berbeda. Plus ada baterai untuk motor listrik yang digendong. Posisi baterei, di bawah kursi baris dua dan tiga. Pengaturan posisi yang apik, sehingga lebih rapi dan aman. 

Sunroof panoramic menambah kemewahan Almaz Hybrid

Almaz RS Hybrid telah dilengkapi Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang kinerjanya layak mendapat acungan jempol. Berikut content ADAS:

ACC dan TJA bekerja dengan sangat baik. Pengemudi bisa menyetel jarak untuk deteksi sensor. Untuk stop and go atau kondisi macet, berfungsi dengan baik.

Ruang bagasi luas, apalagi dengan kursi baris ketiga dilipat

Begitu juga dengan LDW dan LKA, yang sangat berguna saat melaju di jalan tol. Hanya saja, dalam kecepatan tinggi, menggunakan cruise control, LKA akan berusaha mempertahankan posisi mobil sesuai jalur. Sehingga setir bakal bergerak menyesuaikan dengan konstan.

Jika pengemudi melepas genggaman setir, tak berapa lama sistem bakal memberi peringatan. Seraya menyuruh kembali memegang lingkar kemudi. (budsan)

 

 

 

TERKINI
Ancol Jakarta Supersport Championship 2024 Round 2 Berlangsung Sukses, Anondo Eko : Persiapan Lebih Maksimal Pelumas Lupromax Diakui Maksimalkan Performa Mesin di Lintasan Balap Drag Race Harley-Davidson Unveils 2024 Street Glide dan Road Glide: Moge dengan Teknologi Terkini dan Desain Revolusioner American Dreamin` The Dawn of A New Era: Harley-Davidson MY24 Mengukir Sejarah Baru di Jalanan Indonesia