F1 2023 Qatar: Sergio Perez Makin Tertinggal dari Verstappen, Christian Horner Mulai Bicara Opsi Pengganti

Sabtu, 07/10/2023 22:58 WIB

mobilinanews (Qatar) - Dua pembalap McLaren, Oscar Piastri dan Lando Norris, mengalahkan Max Verstappen dalam sesi kualifikasi Sprint Race GP Qatar, Sabtu (7/10/2023) malam waktu lokal. Tapi, tetap saja Verstappen yang menyedot perhatian.

Verstappen akan start dari P3, di belakang duet McLaren, saat Sprint Race dihelat malam ini waktu Qatar atau Minggu (8/10) pukul 00.30 WIB.

Tapi posisi itu lebih dari cukup buat joki tim Red Bull Racing (RBR) untuk mengunci gelar juara dunia 2023 seusai sprint race.

Tanpa harus menunggu main race esok, juga tanpa perlu pol-polan lagi di 5 race sisa pasca Qatar.

Ia hanya butuh 3 tambahan poin untuk mengunci gelar itu. Artinya hanya perlu finish ke-6 maka jumlah poinnya tak bakal terkejar oleh rekan setimnya, Sergio Perez, yang saat ini tertinggal 177 poin di klasemen.

Itu tampak semakin mudah karena Perez justru akan start dari P8 di Sprint Race ini. Akan sangat sulit baginya merangsek menyalip Verstappen.

Sebaliknya buat Perez. Kemarin ia juga gagal lolos ke Q3, konsekuensinya akan melakoni main race besok dari P13, sedangkan Verstappen sebagai pole sitter.

Akibatnya, posisinya dalam tim pun semakin runyam dan suram. Team Principal RBR Christian Horner yang selama ini membela dan menghormati kontraknya yang hingga akhir 2024, kini mengaku kecewa melihat performa Perez di Qatar dari dua sesi kualifikasi.

"Kini semakin menumpuk beban di pundak Checo. Sejujurnya saya tak paham mengapa ia sejauh ini dengan Max (dengan spek mobil sama)," kata Horner yang selalu mengatakan kalau kontrak pembalap Meksiko itu berlaku hingga akhir 2024.

Horner masih membela secara diplomatis saat bos RBR lainnya Helmut Marko, menyentil performa Perez.

Tapi, setelah performa Perez lagi-lagi lemah di sesi kualifikasi GP Qatar, maka Horner pun mulai berpikir realistis.

"Hasil di sini benar-benar semakin menyulitkan situasi Checo. Posisinya terancam diganti untuk musim depan dan itu sudah lama menjadi rumor."

Kalimat terakhir Horner itu lantas di-highlight sejumlah media F1. Daniel Ricciardo dan Yuki Tsunoda yang sudah terikat dengan AlphaTauri pada 2024 lantas disebut sebagai kandidat pengganti jika Perez benar-benar kehilangan tempat pada tahun depan.

Lando Norris pun masuk radar jika teman baik Verstappen itu mau meninggalkan McLaren di tengah masa kontrak.

Marko jelas sudah membuka pintu untuk Norris dan bisa jadi Horner pun menyusul setuju meski sangat tak mudah memisahkan Norria dari timnya saat ini. (rn)

TERKINI
Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Kelas SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini WRC 2024 Rally Portugal: Ogier Melayang dan Menang, Tapi Toyota Dikalahkan Hyundai di Klasemen Konstruktor