Cerita Cadillac Fleetwood Series 75, Mobil Dinas Terakhir Bung Karno Yang Kini Milik H Jimmy Syamsudin

Senin, 09/10/2023 01:48 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Bagaimana ceritanya Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine tahun 1963 merupakan mobil dinas terakhir Bung Karno (Presiden RI ke-1) bisa di pelukan pengusaha dan kolektor mobil klasik H Jimmy Syamsudin?

"Saya memang sudah lama ingin mengoleksi mobil yang pernah dipakai Bung Karno itu. Tapi kan tidak mudah. Makanya saya kemudian nggak kebayang juga jika akhirnya bisa mendapatkan Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine 1963," ungkap H Jimmy Syamsudin.  

Pengusaha pertambangan di Muara Bungo, Jambi ini, mengaku mengikuti terus perkembangan Cadillac Fleetwood mantan Presiden RI pertama dan Sang Proklamator RI tersebut. 

H Jimmy Syamsudin, dan Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine

H Jimmy tidak sekadar mengincar sebuah limousine mewah pada zamannya, Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine, juga karena nilai sejarahnya yang tinggi.

Pemilik mobil bekas Presiden Indonesia itu, setelah dilelang Kantor Sekretariat Negara adalah pengusaha Probosutedjo, yang juga adik tiri Presiden Soeharto. 

"Saat masih dipegang Pak Probosutedjo, saya sempat berpikir : udah dipegang Pak Probo, nggak bakal lepas nih. Eh, tahu-tahu dari Pak Probo, lepas mobil ini ke seorang pengusaha dari Solo," tutur H Jimmy. 

Setelah beberapa tahun, Cadillac Fleetwood ini berpindah tangan ke Pak Marsekal Madya (Purn) Suprihadi, seorang kolektor mobil klasik dan juga pentolan PPMKI. 

"Ada kali, setahunan mobil ini di Pak Suprihadi. Sesama kolektor dan anggota PPMKI, saya sempat bermain ke rumah purnawirawan TNI AU itu di bilangan Bambu Apus, Jakarta Timur. Seminggu setelah itu, saya ditawari Pak Suprihadi mobil bersejarah itu," beber H Jimmy.

"Saya juga nggak tahu kenapa tiba-tiba beliau telepon saya pagi-pagi, nawarin mobilnya. Ya, saya bilang mau dong. Langsung saya ke rumahnya. Itu kan berarti jodoh. Padahal yang mau mobil ini, juga banyak," kata H Jimmy.

Alhasil, Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine tahun produksi 1963 yang menjadi mobil dinas terakhir Bung Karno itu pun jatuh ke tangan H Jimmy. Sekaligus merupakan tangan ke-4 sejak mobil tersebut dilelang Sekretariat Negara RI.

Pengusaha muda nan sukses yang tinggal di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan ini sampai sekarang tidak mengerti alasan Suprihadi rela melepas mobil terakhir Bung Karno itu.

"Tapi saya kemudian berpikir, Cadillac Fleetwood limousine ini mungkin punya nyawa : bisa tahu siapa orang yang tepat dan bisa ngerawatnya dengan baik," senyum H Jimmy bangga. (budsan)

TERKINI
BYD Shark: D-Cab PHEV yang Siap Menggebrak Pasar Amerika Latin Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Bikin Heboh di Arab Saudi, Joki Belia Ferrari Ini Segera Kembali ke Grid Balap F1 IndyCar Championship 2024: Pembalap Honda Alex Palou Pertahankan Posisi di Klasemen IndyCar Series Jelang Balapan Historis Indy 500