F1 2023 : Gawat, Nasib Sergio Perez di Red Bull Racing Bakal Ikut Ditentukan Lewis Hamilton!

Rabu, 11/10/2023 12:24 WIB

mobilinanews (Inggris) - Sergio Perez pembalap bagus, karena itu direkrut Red Bull Racing dari tim Racing Point. Tapi, nasibnya kini bergantung banyak faktor agar tak pensiun dini. Termasuk peran Lewis Hamilton (Mercedes).

Dibandingkan rekan setimnya di RBR, Max Verstappen, Perez seperti tak ada bagusnya. Tertinggal sangat jauh meski mengemudi mobil dengan spek sama, RB19.

Verstappen sudah mengunci gelar juara dunia konstruktor dan pembalap 2023. Fakta ini membuat petinggi RBR tidak happy.

Masih ada lima race sisa musim kompetisi tahun ini. Team Principal RBR Christian Horner sudah mengultimatum Perez agar bangkit setelah hanya finish ke-10 di GP Qatar.

"Kontraknya berlaku hingga 2024 tapi itu riskan berubah jika ia tak berkembang. Dan, hanya ia yang bisa menolong dirinya dalam situasi ini," tegas Horner.

Pernyataan lebih telak datang dari Helmut Marko, Senior Advisor RBR yang sangat berpengaruh untuk menentukan line up pembalap tim Austria itu.

Ia kini menyoroti posisi Perez yang berada di peringkat 2 klasemen dengan total poin 224. Sangat jomplang dengan raihan Verstappen yang mendulang 433 angka dari 14 kemenangan dalam 17 race.

Yang dipermasalahkan Marko bukan lagi gap menganga sebesar 209 poin dengan Verstappen. Tetapi keunggulan Perez yang kini tinggal 30 poin dengan Hamilton. Pembalap Inggris ini berada di peringkat 3 klasemen (194 poin) dan bukan tak mungkin mengejar dan mengalahkan Perez dalam 5 race sisa tahun ini.

Buat RBR, sukses 1-2 di klasemen pembalap sangat didambakan karena belum pernah terjadi sebelumnya. Sialnya, posisi Perez di P2 pun kini dianggap riskan oleh Marko.

"Jika itu terjadi maka ia tak punya tempat lagi. Kami punya 3 pembalap yang setiap saat siap jadi pengganti," tandas Marko.

Tiga kandidat itu adalah duet AlphaTauri Daniel Ricciardo dan Yuki Tsunoda, serta pembalap belia Liam Lawson (Selandia Baru) yang tampil impresif saat menggantikan Ricciardo dalam beberapa race terakhir.

"Saya tak berpikir mengambil pembalap luar untuk jangka pendek. Salah satu dari mereka layak masuk ke tim utama."

Digempur berbagai tekanan, ancaman Hamilton tentu jadi beban tambahan buat Perez.

Sebaliknya buat Hamilton. Jika berhasil memecah peringkat rivalnya maka itu adalah sebuah prestasi mengingat dominasi RBR sejak awal musim. (rn)

 

 

 

TERKINI