Klasemen Perally Usai Seri 5 Kejurnas Sprint Rally 2023 di Malang, Tinggal 3 Nama Ini Berebut Trofi Juara

Rabu, 18/10/2023 01:48 WIB

mobilinanews (Malang) - Bagaimana posisi klasemen perally pasca seri 5 Kejurnas Sprint Rally 2023 di Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 14-15 Oktober 2023 kemarin?

Terjadi perubahan atau pergeseran perally Group M1 sekaligus Overall. Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia yang menjadi juara 1, naik ke peringkat 2 dengan 50 poin.

15 poin berhasil dikoleksi perally yang mengandalkan Toyota GR Yaris itu membuatnya membuka peluang bisa mempertahankan gelar juara nasional yang diraihnya tahun lalu.

H Putra Rizky dan navigator M Redwan (LFN Sederhana Motorsport) yang sempat memimpin sebagai yang tercepat di 2 SS (Special Stage) hari Sabtu, harus menerima kenyataan tergeser ketatnya persaingan di SS3 dan SS4 hari Minggu.

Pengendara Skoda Fabia R5 ini akhirnya finish di posisi 3, mendapat tambahan 10 poin sehingga total mengoleksi 49 poin, atau melorot satu trap di peringkat 3.

H Rahmat dan navigator Hade Mboi (LFN Sederhana Motorsport) yang menjadi juara 2, mendapat tambahan 12 poin kini mengumpulkan total 37 poin.

Sayangnya, meski pada 3 seri terakhir Kejurnas Sprint Rally 2023, H Rahmat tampil apik dengan juara 1 seri 3, juara 3 seri 4 dan juara 2 seri 5, namun peluangnya menjadi juara nasional relatif sangat tipis. Itu karena pada seri 1 absen, kemudian seri 2 masih menggunakan mobil spec M2, berarti poinnya tidak dihitung untuk Kejuaraan Umum.

Uda Ame - sapaan akrab H Rahmat - prestasi maksimalnya hanya runner up, jika misalnya berhasil menjadi juara 1 pada seri 6 (terakhir) di Indramayu, Jawa Barat, akhir Oktober depan. Itu pun dengan catatan Ryan Nirwan dan H Putra Rizky zero poin. Sehingga, lupakan uda Ame dan jurnas Sprint Rally 2023.

Lalu, Dypo Fitra dan navigator Edwin A Nasution (Delta Garage Racing Team), memperkuat posisinya di peringkat 5 dengan hasil sebagai juara 5 mendapat tambahan 6 poin menjadi 21 poin.

Sedangkan H Rihans Variza dan navigator Anthony Sarwono (HRVRT BGM HBM BMB) meski hanya finish tercepat keempat dengan 8 poin, posisinya sebagai pimpinan klasemen tidak tergoyahkan. H Rihans memuncaki klasemen dengan 55 poin.

Dengan komposisi seperti ini, praktis hanya 3 perally yang memiliki peluang menjadi juara nasional. H Rihans, Ryan Nirwan dan H Putra Rizky. Tentu H Rihans dengan margin 5 poin dari Ryan, 6 poin dari H Putra, memiliki kans terbesar.

Namun, dalam balapan termasuk Sprint Rally, terkadang susah menebak siapa bakal juara. Juga berlaku pameo, dalam balapan, segala sesuatu bisa terjadi. Jadi enggak sabar menunggu 28-29 Oktober di Indramayu nih. (bs) 

KLASEMEN PERALLY :

 

  

TERKINI
BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen Resmi Dibuka, The Elite Showcase 2024 Dorong Kemajuan Industri Otomotif Indonesia Brio Dominasi Panjualan Honda di April 2024