GIIAS 2023 Semarang: Mitsubishi XForce Menggeliat, Puncak Keramaian Berlangsung di 2 Hari Terakhir

Sabtu, 21/10/2023 16:14 WIB

mobilinanews (Semarang) - Sejak dibuka pada 18 Oktober lalu di Marina Convention Center, GIIAS 2023 Semarang terus dipadati komunitas otomotif Jawa Tengah. Puncak kunjungan diperkirakan berlangsung pada Sabtu (21/10) dan hari terakhir pada Minggu (22/10).

Provinsi yang berada di tengah Pulau Jawa ini memang salah satu pasar yang seksi bagi para pelaku industri otomotif nasional.

Dari statistik yang dirilis Gaikindo selaku penyelenggara GIIAS, Jawa Tengah punya kontribusi penting dalam bisnis otomotif nasional dengan sumbangan 6,7% pada periode Januari-April 2023. Menempatkan provinsi ini dalam grup 5 Besar terbaik nasional.

Wajar jika peserta GIIAS Semarang tahun ini jauh lebih membludak dibandingkan  edisi perdana tahun lalu.

"Naik 65% dari tahun lalu," tutur Sekretaris Jenderal Gaikindo Kukuh Kumara untuk menggambarkan geliat bisnis otomotif Jawa Tengah belakangan ini.

Dan, tentunya akan semakin menggeliat setelah infrastruktur jalan tol terhubung ke berbagai wilayah Timur dan Barat Pulau Jawa.

Kemudahan dan kenyamanan perjalanan darat ini dengan sendirinya akan membuka kebutuhan baru pada pasar penjualan kendaraan bermotor. 

Fenomena itu pula yang ingin dimaksimalkan Mitsubishi Motors yang sudah unggul di jenis kendaraan niaga dan keluarga, dan kini meluncurkan produk baru di segmen SUV, yakni XForce/" style="text-decoration:none;color:red;">XForce.

Rivalitas di ceruk pasar SUV selama ini terbilang sengit. Hampir semua pabrikan bermain di kelas itu.

Tapi, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimistis bisa tarung di papan atas lewat compact SUV XForce/" style="text-decoration:none;color:red;">XForce.

Tak lain karena mobil sporty dengan 5 Seat ini dirancang dengan memadukan gaya perkotaan dan kemampuan offroad secara harmonis.

Tentu saja diimbangi dengan berbagai fitur teknis inovatif yang membedakannya dengan yang lain dalam hal fungsi, safety, kenyamanan dan performa.

"Tak hanya nyaman di jalan tol dan perkotaan, tapi juga cocok saat diajak masuk ke  jalan provinsi, bahkan jalur pedesaan," kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Kembali ke GIIAS Semarang. Datang dengan branding 'Life's Adventure', XForce/" style="text-decoration:none;color:red;">XForce yang baru kali ini resmi diperkenalkan ke publik Semarang dan Jawa Tengah, ternyata langsung menarik hati penggemar otomotif.

Tampak dari jumlah kunjungan dan permintaan test drive sejak 18 Oktober lalu hingga Sabtu (21/10) siang. 

Antusiasme itu melahirkan optimisme bahwa Semarang dan Jawa Tengah bakal bisa meningkatkan kontribusi positif penjualan hingga tutup tahun buku 2023.

Apalagi, program ini dilengkapi dengan berbagai nilai plus dalam hal transaksi dan purna jual.

Sayangnya, hasil awal penetrasi Mitsubishi XForce/" style="text-decoration:none;color:red;">XForce di pasar Semarang dan Jawa Tengah baru bisa tampak jelas usai penutupan GIIAS Semarang pada Minggu (22/10) malam.

Yang jelas, Semarang telah menyumbang omset penjualan sebesar 39 persen dari total sales Mitsubishi Motors di Jawa Tengah pada kurun waktu Januari-September 2023, atau 8 persen pada skala nasional.

Sedangkan untuk segmen compact SUV, Semarang mencatat penjualan 30% pada periode sama atau 6 persen secara nasional.

Data yang menarik sekaligus tantangan buat XForce/" style="text-decoration:none;color:red;">XForce sebagai petarung baru dengan status unggulan. (rn)

TERKINI
Seorang Ketua Pengda dan 3 Ketua Pengcab HDCI Dilantik Bersamaan Pada Halal Bihalal HDCI di Sinar Mas Land Plaza Kemarin Masih Bertugas Sebagai Steward di Slalom Ancol, Nurie Salmun Berpulang Tadi Siang Karena Sakit Jantung Nikmati ALVA Experience Center di Gading Serpong O-UNIVERSE: Sebuah Ekosistem Fesyen dan Teknologi OMODA untuk Dunia