WRC 2023 Rally Eropa Tengah: Tak Ada Team Order, Perang Perebutan Gelar Sesama Perally Toyota

Selasa, 24/10/2023 20:58 WIB

mobilinanews (Rep.Ceko) - Unggul 31 poin di klasemen WRC 2023, Kalle Rovanpera hanya butuh finish di depan Elfyn Evans pada reli aspal Eropa Tengah akhir pekan ini. 

Reli di tiga negara - Rep.Ceko, Jerman dan Austria - ini adalah putaran ke-12 dari 13 ronde WRC musim ini. Dimulai pada Rabu (25/10) dan berakhir pada Minggu (29/10). Di sini kesempatan besar Rovanpera mengunci gelar 2023 tanpa harus menunggu seri terakhir di Jepang.

Perally muda Finlandia itu kini mengoleksi total poin 217 di pucuk klasemen. Unggul 31 poin atas joki tim Toyota Gazoo Racing lainnya, Elfyn Evans (Inggris) di tempat kedua dengan total poin 186.

Tinggal mereka berdua yang punya hak menjadi juara dunia 2023 karena rival dari tim lain, Thierry Neuville (Hyundai) dan Ott Tanak (M-Sport Ford) yang baru mendapuk masing-masing poin 155 dan 146 di peringkat 3 dan 4. Sedangkan dari dua seri terakhir hanya 60 poin maksimal yang bisa diraih.

Artinya, Rovanpera hanya butuh finish di depan Evans di Rally Eropa Tengah, dengan selisih poin berapa pun. Dan, ini adalah gelar kedua beruntun buat Rovanpera yang tahun lalu mencatatkan diri sebagai juara dunia termuda sepanjang sejarah WRC.

"Perebutan gelar hanya antara kami satu tim. Ini pencapaian luar biasa bagi seluruh anggota tim. Tentu saja, seperti biasa, kami akan nge-push sejak start dan fight menjadi pemeanang," kata Rovanpera, 23 tahun, yang tahun lalu mengunci gelar dengan sisa dua seri lomba.

"Ini kali kedua saya fight berebut gelar. Bedanya kali ini melawan rekan setim sendiri. Rasanya berbeda dan ada tekanan tersendiri. Sedikit stres tapi saya ambil positifnya, bahwa kami berada di atas mobil dengan spek yang sama dan itu akan menyenangkan. Setidaknya bisa berlangsung friendly dan fair."

Rivalitas sesama joki Toyota memang terbuka. Tak lain karena Team Principal Toyota Gazoo Racing Jari-Matti Latvala menjamin keduanya bebas bertarung untuk saling mengalahkan.

"Tak ada team order. Tapi, mereka profesional dan saya yakin keduanya bisa membaca situasi sepanjang lomba," katanya. (rn)

 

TERKINI
Renault Alihkan Fokus Pengembangan Otonom ke Bus Tanpa Pengemudi Motor Sering Tersendat-sendat atau Brebet? Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya, Buruan Cek! Suzuki Swift 2024, Kombinasi Sempurna Gaya, Kenyamanan dan Performa dengan Harga Terjangkau Chery Group Cetak Total Penjualan 182.049 Unit April 2024, Meningkat 43,7 Persen Dibanding Tahun Lalu