Duet Pembalap Hendra W dan M Ichsan Sabet Trofi Juara 1 Sprint Race MSF 2023 di Sirkuit Sepang Malaysia

Rabu, 25/10/2023 16:08 WIB

mobilinanews (Sepang) - Duet pembalap Indonesia Hendra Widjanarko dan M Ichsan dari tim Redme Banteng Motorsport x KDRT kembali meraih hasil sensasional dengan menempati podium teratas di final round MSF, Minggu (22/10/2023) di Sepang International Circuit, Malaysia. 

Kemenangan ini melanjutkan tren positif kiprah Hendra-Ichsan di kancah balap internasional. Sebelumnya mereka sempat finish ke-3 pada ajang Merdeka Endurance 88 Lap yang juga berlangsung di Sirkuit Sepang beberapa waktu lalu. 

Tidak kalah penting, hasil ini juga sekaligus menjawab keraguan banyak pihak terkait kemampuan mereka menaklukkan sirkuit kebanggaan masyarakat Malaysia tersebut. 

MSF Sprint Race ini diikuti oleh sebanyak 37 starter. Hendra-Ichsan yang memulai start dari urutan ke-3 di kelas dan di posisi 16 overall akhirnya menyudahi balapan di podium pertama MSF Ultimate 1800cc. 

Di awal lomba, Redme Banteng Motorsport x KDRT berhasil merangsek berkat start yang baik dari Hendra. Tim balap asal Indonesia ini langsung merebut posisi 1 di lap awal dan terus memperlebar gap waktu di lap-lap berikutnya.

"Balapan ini sendiri adalah balapan sprint, pembalap harus menempuh waktu 40menit + 1lap serta wajib melakukan 1x pitstop minimal 3 menit untuk menyelesaikan balapan. Strategi pit stop kami dengan membagi rata waktu tempuh antara saya dan Ichsan yaitu masing-masing harus meyelesaikan 20 menit balapan," terang Hendra. 

Setelah Hendra menyelesaikan 20 menit di lintasan ia pun masuk pit stop dan langsung bergantian dengan Ichsan. 

Ican (kiri) dan Hendra Widjanarko

Namun waktu 20 menit tersisa menjadi hal yang paling krusial. Pasalnya performa mobil semakin menurun, ban semakin panas dan menipis sehingga menjadi kendala yang dirasakan semua pembalap. 

"Salah satu kunci yang membuat kami tetap bisa menjaga pace dengan baik ada pada cornerweight/suspension setup yang sempurna dari ftunedsuspension Malaysia," ungkap Ichsan. 

"Bersyukur kami sudah diuntungkan dengan gap yang diberikan oleh Hendra terhadap para kompetitor. Karena ini penentuan, jadi kami memilih strategi untuk menjaga posisi daripada terus memperlebar gap waktu karena akan sangat beresiko dengan kinerja ban yang sudah tidak maksimal lagi," sambungnya. 

Strategi tersebut nyatanya berhasil hingga akhirnya bendera finish berkibar dan tim Redme Banteng Motorsport X KDRT menyelesaikan balapan di posisi ke 1 MSF Ultimate 1800cc. 

Duet Hendra-Ichsan juga mengaku puas dan bangga atas pencapaian mereka mengibarkan bendera merah putih di Sirkuit Sepang Malaysia. Kemenangan ini mereka dedikasikan untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda. 

"Kemenangan kali ini kami persembahkan untuk Indonesia tentunya, sebagai bentuk janji kami melanjutkan Ikrar Sumpah Pemuda yang bertepatan pada tanggal 28 Oktober nanti," pungkas Hendra. (bs)

TERKINI
BBM Baru Pengganti Pertalite Ternyata Mengandung Bioetanol, Begini Penjelasannya! WRC 2024 Rally Portugal: Kalle Rovanpera Out, 3 Joki Hyundai Mengepung Sebastien Ogier Suzuki Avenis 125, Motor Matic Terbaru dengan Desain Sporty dan Dinamis MotoGP 2024 Prancis: Martin Juara Sprint Race, Marquez Bintangnya Dari P13 ke P2